Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Ejurnal
WBK
satu-layanan
LPSE
TV-TANI
SKM
Sigap UPG
pui-balittri
WBS
PPID
Pakar Kopi
Kalender Tanam
Lapor.go.id
Saber Pungli
perpus_digital

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 31 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1667588
Balittri Berperan Aktif pada Bimbingan Teknis Budidaya Komoditas Perkebunan mendukung Program Food Estate di Kalimantan Tengah PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Handi Supriadi   
Jumat, 09 Oktober 2020 07:30

Bimbingan Teknis (Bimtek) Budidaya Komoditas Perkebunan Mendukung Progam Food Estate di Kalimantan Tengah dilaksanakan pada tanggal 8 Oktober 2020 di Desa Belanti Siam Kecamatan  Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah. Peserta yang hadir dalam Bimbingan Teknis tersebut sebanyak 120 orang petani yang berasal dari 12 Kelompok Tani lingkup Desa Belanti Siam. Bimtek dibuka dengan pengarahan oleh Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan Ir. Syafaruddin, Ph.D. Kepala Puslitbang Perkebunan menyampaikan, varietas unggul perkebunan yang ditanam di lahan food estate ini adalah hasil penelitian dan telah bersertifikat, sehingga para petani tidak perlu khawatir mengalami kesulitan dalam proses budidaya komoditas unggul tersebut. Kapuslitbang perkebunan berharap semoga seluruh petani di kawasan food estate ini dapat menikmati hasil dari varietas unggul perkebunan yang mereka budidayakan hingga akhirnya juga mampu meningkatkan kesejahteraan petani.

Materi yang disampaikan pada Kegiatan bimtek tersebut melibatkan beberapa pakar (nara sumber)  dari Balai Penelitian lingkup Puslitbang Perkebunan. Teknik budidaya tanaman Jahe disampaikan oleh Dr. Ireng Darwati  dari Balittro, Kopi Liberika oleh Ir. Handi Supriadi dari Balittri dan Kelapa Genjah oleh Dr. Ismail Maskromo dari Balit Palma.

Ir. Handi Supriadi menyampaikan informasi tentang varietas unggul kopi Liberika Lim 1 dan Lim 2 yang di hasilkan Balittri dan teknis budidayanya kepada 120 orang petani di Desa Belanti Siam.  Berdasarkan hasil diskusi kopi Liberika Lim 1 dan Lim 2 sesuai di tanam di Desa Belanti Siam karena kondisi lingkungannya serupa dengan kondisi lingkungan yang dikehendaki kopi Liberika Lim 1 dan Lim 2. Bahkan ada petani yang sudah menanam kopi Liberika di halaman rumahnya. Walapun perserta Bimtek adalah petani yang mengusahakan tanaman pangan (padi), namun setelah mendapatkan informasi tentang keunggulan dan nilai ekonomi kopi Liberika Lim 1 dan Lim 2 dari nara sumber, mereka tertarik dan bersedia  untuk menanam kopi Liberika Lim 1 dan Lim 2 di halaman rumahnya.

 

Artikel terkait