Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Ejurnal
WBK
satu-layanan
LPSE
TV-TANI
SKM
Sigap UPG
pui-balittri
WBS
PPID
Pakar Kopi
Kalender Tanam
Lapor.go.id
Saber Pungli
perpus_digital

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 26 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1667617
Akselerasi Inovasi Wujudkan Kemandirian dan Kesejahteraan PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Lia Anggraini   
Jumat, 13 November 2020 07:29

Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan) menggelar acara yang bertajuk Akselerasi Inovasi Florikultura untuk Kesejahteraan dan Urban farming yang Mandiri, Modern, dan Berdaya Saing, Kamis (12/11). Acara ini merupakan rangakaian akhir dari pelaksanaan Rapat Koordinasi Balitbangtan bersama seluruh Kepala UK/UPT lingkup Balitbangtan seluruh Indonesia. Hadir pula beberapa tamu undangan termasuk Pejabat Sementara Bupati Cianjur, Dr. Dudi Sudrajat Abdurachim, M.T., serta beberapa pejabat dari Kementerian Hukum dan HAM, dan juga pengusaha.

Dr. Dudi Sudrajat Abdurachim, M.T menjelaskan bahwa Kabupaten Cianjur merupakan kabupaten yang memiliki komitmen kuat terhadap pembangunan ekonomi yang berbasis agrobisnis. Oleh karenanya pemerintah ah Kabupaten Cianjur menjadikan kebijakan pertanian sebagai salah satu kebijakan prioritas. "Pertanian merupakan Leading Sector dan merupakan penggerak utama perekonomian di Cianjur", tegasnya. Ia pun mengapresiasi apa yang telah dilakukan balitbangtan dalam acara akselerasi inovasi florikultura untuk kesejahteraan dan Urban farming yang mandiri modern dan berdaya saing. Ia juga berharap upaya seperti ini dapat mendukung terwujudnya pembangunan nasional demi kesejahteraan masyarakat.

Pada kesempatan yang sama juga dilaksanakan prosesi penandatanganan MOU, perjanjian kerjasama lisensi dan kerjasama teknis yang disaksikan langsung oleh Menteri Pertanian Diantaranya, penandatanganan MOU antara Badan Litbang Pertanian dengan Asosiasi Bunga Indonesia, penandatanganan perjanjian kerjasama balitbangtan dengan Direktorat Jenderal HKI Kementerian Hukum dan HAM. Penandatanganan kerjasama teknis antara Balai Penelitian Tanaman Hias dengan PT Bina Usaha Flora. Penandatanganan kerjasama lisensi antara BB Padi dengan PT Benih Citra Asia, Balai Penelitian Tanaman Serealia dengan PT Bumi Mulia Asih. Balai Penelitian Tanaman Sayuran dengan PT Mangunkerta Horti Nusantara. Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar dengan PT Barata Indonesia.

Selain itu juga dilaksanakan penyerahan penghargaan permohonan paten tertinggi, penyerahan penghargaan kepada peneliti, perekayasa, penyuluh, dan teknisi berprestasi, dan juga penyerahan royalti kepada 16 inventor atas kompensasi kerjasama lisensi balitbangtan oleh menteri pertanian.

Acara ini dapat menjadi motivasi bagi baik bagi seluruh peneliti, perekayasa, teknisi, maupun komponen lainnya untuk terus berkarya dan bermanfaat serta berdaya saing memajukan pertanian. Semoga.

 

Artikel terkait