Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
pui-balittri
PPID
WBS
satu-layanan
Lapor.go.id
baittri-siap-zi
Saber Pungli
Sigap UPG
TV-TANI
SKM
Kalender Tanam
LPSE
WBK
Pakar Kopi
perpus_digital
Ejurnal

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 24 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 2014000
Balittri Ikut Serta Upacara Virtual Hari Pahlawan Kementrian Pertanian PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Mahardika   
Selasa, 10 November 2020 15:35

Setiap tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan di Republik Indonesia.  Hari tersebut menandai salah satu tonggak penting dalam sejarah kebangsaan Indonesia, dimana ribuan jiwa gugur demi menebus kebebasan dan keutuhan Negara dari kekuasaan penjajah. 

Upacara Hari Pahlawan

Secara nasional  Hari Pahlawan tahun 2020 ini diperingati dengan tema “Pahlawanku Sepanjang Masa”.  Dengan adanya pandemi Covid 19, peringatan pun dilakukan berbeda dari  tahun-tahun sebelumnya.  Kantor-kantor pemerintahan melaksanakan upacara secara daring serta dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat  bagi yang melaksanakan secara langsung. 

Upacara Hari Pahlawan

Kementerian Pertanian pun turut serta melaksanakan upacara peringatan Hari Pahlawan secara virtual, dipimpin langsung oleh Menteri Pertanian, Dr. Syahrul Yasin Limpo, dan diikuti oleh pejabat eselon II beserta UK/UPT lingkup Kementerian Pertanian se-Indonesia. Begitu pun di Balittri, pejabat struktural dan staff hadir mengikuti dengan khidmat upacara bendera memperingati Hari Pahlawan secara virtual melalui Zoom. 

Upacara Hari Pahlawan

Dalam amanatnya, Menteri Pertanian menyampaikan bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar dan tahu menghargai pahlawannya. Bangsa yang hadir atas rahmat Allah yang luar biasa. Di masa covid 19 yang melanda seluruh dunia ini, Indonesia mampu mengendalikan covid terbaik di seluruh Asia Tenggara. Maka, mari kita hormati para pahlawan medis, para tenaga kesehatan, dokter dan tenaga medis yang berjuang di garda depan demi menyelamatkan bangsa dari ancaman Covid 19. Ratusan jiwa diantaranya sudah gugur dalam perjuangan suci mereka. 

Upacara Hari Pahlawan

Selain itu,  Menteri pun menyinggung peranan sumber daya pertanian yang juga turut berjuang dalam meraih ketahanan pangan di Indonesia. Hari pahlawan ini harus menjadi bagian dari konsolidasi emosional kita untuk menyatakan negara kita pertaniannya kuat. Pertanian kita mampu dan kuat karena seluruh komponen baik itu petani, petani milenial, terus bergerak untuk menghadirkan negara yang sejahtera. bersama sama.

Upacara Hari Pahlawan

Seperti petuah dari pemimpin bangsa Dr. Mohammad Hatta, bahwa jatuh bangunnya suatu bangsa tergantung dari bangsa itu sendiri.  Untuk itu, peringatan Hari Pahlawan ini agar bisa menyegarkan kembali jiwa patriotisme di dada kita semua.  Untuk memberikan kontribusi optimal sesuai peran dan kemampuan kita sebagai bentuk  penghargaan dan rasa terima kasih atas pengorbanan para pahlawan kita.

Upacara Hari Pahlawan

“Momen hari pahlawan ini dijadikan sebagai moment untuk lebih disiplin dan waspada untuk tetap menjadi bangsa yang utuh dan bersatu menjunjung tinggi nilai-nilai kebersamaan. Membangun bangsa dan negara yang kuat dan sejahtera dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika," demikian pungkasnya.