Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
satu-layanan
LPSE
WBK
Lapor.go.id
WBS
Pakar Kopi
PPID
perpus_digital
Kalender Tanam
Saber Pungli
pui-balittri
SKM
Ejurnal
Sigap UPG
TV-TANI

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 28 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1805382
Kementerian Pertanian Apresiasi Peningkatan Sektor Perkebunan Melalui Anugerah Pratama Perkebunan Indonesia PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Lia Anggraini   
Jumat, 11 Desember 2020 07:30

Dalam rangka memperingati Hari Perkebuanan ke-63, Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Perkebunan menyelenggarakan acara Anugerah Pratama Perkebunan Indonesia (APPI) 2020 pada kamis, (10/12). Acara yang mengusung tema Optimalisasi Ekspor Dalam Upaya Pemulihan Ekonomi Nasional ini dihadiri langsung oleh Menteri Pertanian, Dr. Syahrul Yasin Limpo, S.H., M.Si., M.H.

Sebanyak 9 kategori penghargaan diberikan kepada sejumlah penggiat perkebunan yang mendukung serta berkontribusi dalam meningkatkan sektor perkebunanan. Kategori yang dimaksud diantaranya terdiri dari Gubernur dan Bupati yang mendukung pembangunan perkebunan di wilayahnya. Selain itu juga terdapat kategori lain yakni pekebun yang mendukung peningkatan aktivitas perkebunan, pekebun milenial yang inspiratif, hingga kategori eksportir. Selain pemberian penghargaan, dalam kesempatan yang sama dilaksanakan penandatanganan Memorandum Of Understanding dengan Badan Pusat Statistik (BPS) serta dengan Direktorat Jenderal Industri Agro, Kementerian Perindustrian.

Acara yang berlangsung di Scientia Square Park, Tangerang, ini juga menampilkan berbagai pameran hasil perkebunan yang diikuti oleh berbagai tenant baik dari pemerintah juga swasta. Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun) juga ikut berpartisipasi dalam memperkenalkan hasil penelitian komoditas perkebunan seperti Kopi dan kakao. Selama acara berlangsung, seluruh pengunjung yang hadir dihimbau harus tetap menjaga protokol kesehatan.

Dr. Ir. Kasdi Subagyono, M.Sc selaku Direktur Direktorat Jenderal Perkebunan menjelaskan tujuan dari pelaksanaan acara ini adalah untuk mendorong komitmen kita bersama motivasi kreativitas dan partisipasi seluruh pemangku kepentingan yang bergerak di subsektor perkebunan baik Pemerintah, Swasta, Badan Usaha Milik Negara maupun Masyarakat. ”Peringatan hari perkebunan pada hakikatnya adalah sebuah momentum untuk mengingat bahwa perkebunan tidak pernah absen  dalam berperan  membangun ekonomi nasional. Kita patut berbangga dan semakin mawas diri atas prestasi yang telah dicapai bersama-sama” imbuhnya.

 

Artikel terkait