Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
PPID
Saber Pungli
pui-balittri
SKM
WBK
Pakar Kopi
Ejurnal
satu-layanan
Sigap UPG
WBS
LPSE
TV-TANI
Lapor.go.id
baittri-siap-zi
perpus_digital
Kalender Tanam

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 25 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1979322
Bimtek Padat Karya Seri 7, Edisi Kebun Percobaan Gunung Putri PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Cici Tresniawati   
Senin, 22 Maret 2021 11:57

Bimtek padat karya adopsi teknologi tanaman Industri dan penyegar seri yang ke-7 ini dilaksanakan di kebun percobaan Gunung Putri, desa Sukatani, kecamatan Pacet, kabupaten Cianjur. Dibuka oleh Kepala Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar Dr. Tri Joko Santoso, S.P., M.Si, yang dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan bimtek ini merupakan kegiatan yang bersifat padat karya dilaksanakan untuk meminimalisir dampak dari pandemic Covid-19.

Kawasan gunung putri merupakan dataran tinggi dengan ketinggian diatas 1.450 mdpl yang sangat cocok untuk tanaman kopi Arabika dengan sistem budidaya tumpangsari sayuran  dan agroforestry di bawah tanaman hutan sebagai penyangga. Kopi Arabika dari gunung putri terkenal dengan citarasanya yang tergolong specialty jika diolah dengan baik. Diharapkan masyarakat sekitar kebun percobaan gunung putri mengenal budidaya tanaman kopi Arabika, selain budidaya tanaman sayuran yang menjadi mata pencaharian petani disana.

Pada bimtek hari kamis 18 Maret 2021 diisi materi tentang budidaya tanaman kopi Arabika oleh Cici Tresniawati SP, M.Si dan Pengolahan kopi oleh Eko Heri Purwanto, S.TP., M.Sc. Peserta bimtek antusias terhadap acara ini, terbukti dengan pertanyaan yang diajukan dari peserta, terkait dengan benih tanaman dan proses Pengolahan kopi. Acara dilanjutkan dengan praktek di lapang yaitu penerapan budidaya kopi Arabika tumpangsari dengan sayuran yaitu pemupukan, pemangkasan wiwilan, dan sanitasi kebun. Semoga dengan acara ini komoditas kopi lebih dikenal oleh masyarakat, dan kopi indonesia semakin Jaya, seperti Balittri yang semakin Jaya.

 

Artikel terkait