Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
PPID
Saber Pungli
pui-balittri
SKM
WBK
Pakar Kopi
Ejurnal
satu-layanan
Sigap UPG
WBS
LPSE
TV-TANI
Lapor.go.id
baittri-siap-zi
perpus_digital
Kalender Tanam

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 22 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1979379
Hari ke 2 Rakor TIK Balitbangtan 2021, Regulasi Transformasi Digital Nasional PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Nursilan & Arifa Chan   
Senin, 29 Maret 2021 10:31

Tanggal 18 Maret 2021 Rapat Koordinasi Pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) lingkup Balitbangtan di Savero Hotel Depok memasuki hari ke dua,  diikuti oleh 30 peserta off line (tatap muka) dan 60 peserta online (daring) yang terdiri dari pengelola TIK lingkup Balitbangtan. Acara dilaksanakan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

Materi pertama disampaikan oleh Dedy Sulaeman dari  Pusat Data dan  Sistem  Informasi  Pertanian (PUSDATIN)  yang mengulas tentang Pengelolaan Sistem Jaringan Komputer Tahun 2021. Pengelolaan Sistem Jaringan  Komputer ini mengacu pada Regulasi Transformasi Digital Nasional yang diatur dalam Perpres No. 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). SPBE adalah penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada Pengguna. SPBE ditujukan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya. Tata kelola dan manajemen sistem pemerintahan berbasis elektronik secara nasional juga diperlukan untuk meningkatkan keterpaduan dan efisiensi sistem pemerintahan berbasis elektronik. Ada beberapa layanan Publik dan Prioritas Kementan di tahun 2021 khususnya layanan TIK, diantaranya adalah didorongnya penggunaan email pertanian untuk tugas kedinasan,serta rencana aksi TIK kementan untuk menjadi bagian dari Pusat Data Nasional.

Materi Kedua mengulas tentang Akselerasi Reformasi Birokrasi Melalui Transformasi Digital oleh Bambang Dwi A.,ST,MM selaku Direktur eGovernment Ditjen Aptika -Kemkominfo. Harapan dari adanya transformasi digital ini pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih cepat. Selain itu beliau memperjelas tentang pelaksanaan Pusat Data Nasional dan  Perpres No. 95 Tahun 2018 tentang SPBE. Tujuan  Pusat Data Nasional adalah pusat pusat data yang sudah disatukan untuk menjamin kedaulatan dan  keamanan data.

Pada hari kedua acara ini, seluruh peserta diharapkan memahami Regulasi Transformasi Digital Nasional sesuai yang tertuang dalam Perpres No. 95 Tahun 2018 tentang SPBE. Karena para pengelola TIK adalah sebagai salah satu ujung tombak pelaksanaan regulasi tersebut. (Nursilan/Arifa Chan)

 

Artikel terkait