Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
pui-balittri
PPID
WBS
satu-layanan
Lapor.go.id
baittri-siap-zi
Saber Pungli
Sigap UPG
TV-TANI
SKM
Kalender Tanam
LPSE
WBK
Pakar Kopi
perpus_digital
Ejurnal

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 21 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 2013954
Praktek Kerja Mahasiswa Teknik Pertanian Padjajaran PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Laras dan Melan   
Selasa, 21 September 2021 13:18

Laras Widyajayanti dan Meilani Safrida, mahasiswa Universitas Padjajaran Jurusan Teknik Pertanian melaksanakan kegiatan Praktek Kerja Lapang (PKL) di Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri), Kabupaten Sukabumi pada Juli s/d September 2021. Kedua mahasiswa yang akrab dipanggil Laras dan Melan ini melaksanakan PKL di lokasi Bioindustri Balittri dibimbing oleh peneliti bidang pascapanen yaitu Eko Heri Purwanto, S.TP., M.Sc. dan Elsera Br. Tarigan, S.Si., M.Si.

Kegiatan yang dilakukan selama PKL yaitu mempelajari tahapan yang dilalui dalam proses pengolahan primer (hulu) hingga pengolahan sekunder (hilir) kopi dan kakao, proses panen buah kopi dan kakao, mengidentifikasi mengenai ciri fisik buah kopi dan kakao yang sudah siap untuk dipanen serta pengenalan ciri fisik buah kopi Arabica, Robusta, Liberica, dan Excelsa.

Selain itu, Laras dan Melan juga mempelajari proses pengolahan pasca panen kopi dan kakao. Dimulai dari teknik pengolahan kopi secara Basah (Fullwash) dan pengolahan secara Kering (natural), kemudian mempelajari alat dan mesin yang digunakan dalam proses pembuatan bubuk kopi, bubuk cokelat, dan cokelat batang. Sampai dengan pengolahan sekunder (hilir) kopi dengan mesin roasting kopi, dan mesin grinder, sedangkan pengolahan bubuk kakao menggunakan beberapa mesin, diantaranya yaitu mesin pemasta cokelat kasar, mesin pengempa (pemisah lemak dan bungkil kakao), dan mesin pembubuk bungkil kakao.

Laras dan Melan mengaku telah mendapatkan banyak pengalaman dan pengetahuan selama kurang lebih 30 hari di Balittri. Tidak lupa, keduanya juga mengungkapkan rasa terima kasihnya “Terima kasih banyak atas bimbingan, pengalaman berharga dan ilmu yang telah kami dapatkan selama di Balittri. Semoga ilmu yang kami peroleh bisa bermanfaat bagi orang – orang di sekitar kami. Terimakasih kepada semua pihak Balittri yang telah menerima kedatangan kami dengan sangat baik. Semoga Balittri selalu menjadi Balai Penelitian yang terus maju, berkarya dan dapat menghasilkan inovasi yang unggul di masa sekarang maupun masa yang akan datang.”. Selaras dengan doa dan harapan Laras dan Melan, seluruh staff di Balittri juga mengharapkan semoga Balittri dapat terus menjadi tempat bagi para pencari ilmu untuk menimba pengalaman yang berharga untuk masa depan (Laras dan Melan).

 

Artikel terkait