Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
baittri-siap-zi
satu-layanan
PPID
Ejurnal
Saber Pungli
Sigap UPG
WBK
TV-TANI
LPSE
SKM
perpus_digital
WBS
Kalender Tanam
Lapor.go.id
Pakar Kopi
pui-balittri

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 28 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 2066751
Kolaborasi Balitbangtan Kembalikan Kejayaaan Tanaman Perkebunan di Kabupaten Sukabumi PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Lia Anggraini   
Rabu, 15 September 2021 07:30

Dalam rangka mendukung komoditas unggulan di Kabupaten Sukabumi, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Penelitian Tanaman Industri dan penyegar (Balittri) menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Inovasi Teknologi Tanaman Industri dan Penyegar pada 14 September 2021. Kegiatan yang diikuti oleh perwakilan petani milenial Kabupaten Sukabumi ini dilaksanakan di ruang pertemuan TOSERBA Slamet, Sukabumi. dan dibuka langsung oleh Anggota DPR RI  Komisi IV Daerah Pilihan Sukabumi, drh. H. Slamet.

Dr. Tri Joko Santoso, S.P., M.Si selaku kepala Balittri menyampaikan bahwa pelaksanaan bimtek ini menjadi sarana diseminasi bagi Balittri untuk mengenalkan Inovasi yang telah dihasilkan oleh Balittri. Kepala Balittri berharap kegiatan ini menjadi awalan untuk berkolaborasi bersama mengembangkan tanaman perkebunan, khususunya kopi dan kakao di Sukabumi. “Balittri juga sudah beberapa kali bersinergi dengan BPP lingkup Kabupaten Sukabumi untuk meningkatkan kemampuan petani di kabupaten Sukabumi”, lanjutnya.

Pada Bimtek kali ini, Eko Heri Purwanto, S.TP., M.Sc.,selaku peneliti Balittri menyampaikan pengetahuan mengenai Teknologi Pascapanen Tanaman Kakao. Hal ini, diharapkan agar petani dapat juga meningkatkan nilai tambah produk pertanian, bukan sekedar meningkatkan hasil pertanian saja.

Drh. H. Slamet menyampaikan untuk mewujudkan peningkatan potensi tanaman perkebunan khususnya pada tanaman kopi dan kakao di Sukabumi diperlukan sebuah sinergi, baik dari pemerintah, maupun masyarakat. Oleh Karena itu, dirinya berpesan kepada seluruh peserta agar dapat memanfaatkan kegiatan tersebut sebagai sarana untuk menambah wawasan tentang tanaman perkebunan. Melalui kolaborasi ini, diharapakan dapat kembali memberikan semangat bagi semua pihak untuk mengembalikan kejayaan tanaman perkebunan di Kabupaten Sukabumi.

 

Artikel terkait