Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
pui-balittri
baittri-siap-zi
satu-layanan
PPID
Ejurnal
Saber Pungli
Sigap UPG
WBK
TV-TANI
LPSE
SKM
perpus_digital
WBS
Kalender Tanam
Lapor.go.id
Pakar Kopi

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 30 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 2066745
Ateng Super sedang Persiapan PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Enny Randriani   
Selasa, 12 Oktober 2021 07:30

Tim pelepasan varietas Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) memulai proses untuk kopi Arabika varietas Ateng Super. Tim yang dipimpin oleh Peneliti Ahli Utama Ir. Enny Randriany melakukan perjalanan ke 2 lokasi di propinsi Aceh yaitu Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah.

Dalam agenda yang telah disusun selama 6  hari (1-11 Oktober 2021), Ir. Enny Randriany bersama dengan Dr. Budi Martono dan Funny Soesanthy, MSi memulai dengan berkoordinasi dengan dinas Perkebunan Aceh Tengah dan Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Bener Meriah. Selain itu, tim juga berkoordinasi dengan Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Bener Meriah, Kabid Perkebunan, Zakaria, SP. dari UPTD Balai Benih Hortikultura, Tanaman Pangan dan Tanaman Perkebunan. Dalam kegiatan ini Kepala Dinas Kabupaten Aceh Tengah mengungkapkan harapannya agar kopi Arabika Ateng Super (Gayo 3) dapat dilepas sebagai varietas pada bulan April tahun 2022.

Setelah berkoordinasi, tim memulai kegiatan penilaiannya dengan melakukan kunjungan langsung ke kebun kopi dan melakukan beberapa pengamatan seperti kondisi lingkungan, produktivitas kopi, serangan hama dan analisa ekonomi. Diperlukan semangat kerjasama dan niat yang kuat untuk dapat mewujudkan harapan agar varietas Ateng Super dapat dilepas. Semoga.

 

Artikel terkait