Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Kaldu Emas
TV-TANI
LPSE
SKM
PPID
Sigap UPG
Pakar Kopi
Kalender Tanam
baittri-siap-zi
WBS
perpus_digital
Lapor.go.id
WBK
Ejurnal

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 29 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 2124978
Workshop Laravel bagi TIK Balitbangtan PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Nursilan   
Senin, 15 November 2021 08:04

Dalam upanya peningkatan kapasitas dan pengetahuan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya tenaga pengelola TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) pada tanggal 9-12 November Badan Litbang Pertanian mengadakan workshop pengembangan aplikasi PHP menggunakan framework laravel di hotel Mercure Nexa, Bandung Jawa Barat yang diikuti 20 perwakilan dari 20 Satker yang terpilih. Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah Badan Litbang Pertanian juga berpartisipasi dalam workshop tersebut diwakili oleh Nursilan,S.Kom sebagai salah satu pengelola TIK Balittri.

Kegiatan dibuka oleh Koordinator Perencanaan Sekretariat Badan Litbang Pertanian Arif Surahman, S.Pi., M.Sc., Ph.D. Dalam sambutannya, beliau menekankan di era digital aplikasi berbasis IT perkembangannya sangat cepat sehingga kita sebagai pengelola TIK lingkup Badan Litbang Pertanian harus mengikuti perkembangan tersebut dan akan sangat rugi jika badan litbang ketinggalan. Dalam upaya meningkatan kapasitas pengelola TIK  salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan mengadakan pelaksanaan workshop ini. Selain sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan kapasitas para pengelola TIK lingkup balitbangtan, pelaksanaan workhshop ini dilandaskan atas banyaknya aduan dan permohonan untuk perbaikan aplikasi dari satker terutama website, serta untuk mengurangi penggunaan pihak ke tiga dalam pembangunan aplikasi di satker-satker yang tanpa melibatkan langsung pengelola TIK. Banyak aplikasi yang dikembangkan di Badan Litbang berbasis framework laravel, sehingga jika ada kerusakan atau masalah pada aplikasi dapat diselesaikan para pengelola TIK di masing-masing Satker. Dari segi keamanan Laravel juga dapat diandalkan untuk menekan serangan siber dari para hacker. Dalam kesempatan ini Sekretaris Badang juga mengingatkan bahwa Menteri Pertanianan menekankan IT adalah basis pelayanan di Kementan dan aplikasi digital akan mempermudah pelayanan. Serta tidak lupa berpesan kepada para pengelola TIK, untuk peningkatan webometric website di semua Satker di Badan Litbang Pertanian.

Selama empat hari dari tanggal 9-12 November 2021 peserta workshop didampingi Narasumber berpengalaman dari Rumah Coding. Materi yang disampaikan adalah seputar pengenalan laravel, struktur folder laravel serta dilakukan praktikum langsung pembuatan project sederhana.

Kegiatan Workshop ditutup oleh Hendra Yuniar, S.Kom, M.Kom selaku koordinator kegiatan dengan harapan kegiatan workshop ini dapat menambah ilmu dan bermanfaat untuk mendukung pekerjaan sehari hari para peserta workshop. Tentunya kegiatan ini juga memberikan manfaat bagi Balittri dalam mendukung tugas utama sebagai Lembaga Penelitian.

 

Artikel terkait