Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
perpus_digital
Lapor.go.id
WBK
Ejurnal
Kaldu Emas
TV-TANI
LPSE
SKM
PPID
Sigap UPG
Pakar Kopi
Kalender Tanam
baittri-siap-zi
WBS

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 28 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 2124919
Kolaborasi Bersama Peningkatan Sektor Pertanian di Kabupaten Sukabumi PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Lia Anggraini   
Selasa, 16 November 2021 07:30

Balai Penelitian Tanaman Industri dan penyegar (Balittri) kembali melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Inovasi Teknologi Tanaman Industri dan Penyegar pada Selasa (13/11) bertempat di Aula Hutan Diklat Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi. Bimtek yang mengambil Tema Pengolahan Pascapanen Kopi dan kakao ini, dihadiri oleh peserta yang memiliki beragam latar belakang.  Mereka terdiri dari  petani kopi dan kakao, serta juga terdapat dari Kelompok Tani Wanita (KWT) di wilayah Jampang Tengah Kabupaten Sukabumi. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memberikan wawasan kepada para petani, dan juga penggerak usaha tani untuk meningkatkan nilai tambah khususnya tanaman kopi dan kakao.

Dr. Tri Joko Santoso, S.P., M.Si selaku Kepala Balai menyampaikan bahwa pelaksanaan bimtek kali ini menjadi wujud komitmen Balittri untuk melakukan diseminasi bagi masyarakat luas dan mengenalkan inovasi yang telah dihasilkan oleh Balittri khususnya kepada petani di Kabupaten Sukabumi. Selain itu menurutnya, Bimtek ini merupakan sinergi antara pemerintah dan DPR RI untuk mendorong peningkatan sektor pertanian, khususnya bidang perkebunan di Kabupaten Sukabumi. Pada kesempatan yang sama turut hadir pula, Ir. Syafarudin Ph.D. selaku Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun). Menurutnya, dengan adanya momentum bimbingan teknis ini peserta diharapkan bisa memanfaatkan dengan maksimal untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya atas materi yang disampaikan.

Selain itu, Drh. H. Slamet selaku Anggota DPR RI  Komisi IV yang turut hadir pada kegiatan tersebut menyampaikan bahwa Bimtek pengolahan kopi dan kakao adalah bukti sinergi dan kolaborasi baik legislatif maupun eksekutif dalam rangka membangun pertanian di Kabupaten Sukabumi. Baginya, hal ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah dalam rangka membentuk SDM pertanian unggul, maju, dan modern.

Acara pun dibuka langsung oleh Sekertaris Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Denis Eriska, S.P., M.Si. Selanjutnya, materi mengenai pengolahan kopi dan kakao disampaikan oleh peneliti Balittri, yakni Eko Heri Purwanto, S.TP., M.Sc. Menurut Eko, untuk meningkatkan nilai tambah hasil pengolahan tanaman kopi dan kakao harus diperhatikan mulai dari proses pemanenan hingga pengolahan akhir. Menurutnya, masih banyak petani yang belum mengetahui pentingnya memberi perhatian pada saat proses hulu hingga hilir pengolahan baik kopi maupun kakao. Peserta juga sangat merespon baik bimtek kali ini. Pelaksanaaan Bimtek pun ditutup dengan diskusi interaktif dengan peserta bimtek.

 

Artikel terkait