Balittri Kedatangan tamu dari ACIAR Australia

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Pada hari Selasa tanggal  02 Oktober 2012, BALITTRI menerima kunjungan tamu istimewa dari ACIAR (Australian Center for International Agricultural Research).  Mereka adalah Dr. Rodd Dyer (Research Program Manager, Agribusiness, ACIAR) dan (Jeff Neilson, PhD BSc (Hons) BA The University of Sidney).  

Dalam pertemuan tersebut, Dr Rodd Dyer menjelaskan selayang pandang tentang ACIAR dan program-program ACIAR di Indonesia.  Program ACIAR di Indonesia menitikberatkan  pada pertumbuhan yang berkelanjutan dan manajemen ekonomi, yang berfokus pada peningkatan peluang ekonomi bagi masyarakat pedesaan.

Indonesia merupakan negara mitra yang penting bagi Australia karena faktor kedekatan geografis dan kepentingan strategis. Program ACIAR di Indonesia adalah untuk mendukung Australia – Indonesia Partnership 2008 – 2013 (AIP) yang merupakan rancangan komprehensif dalam pengentasan kemiskinan di Indonesia.  Dukungan ACIAR, yang tercermin dalam Pilar 1, adalah pertumbuhan yang berkelanjutan dan manajemen ekonomi, berfokus pada peningkatan peluang usaha bagi masyarakat pedesaan melalui peningkatan produktivitas, membuka akses pasar, perbaikan infrastruktur dan pertumbuhan usaha kecil dan menegah di beberapa provinsi tertentu. 

Sementara itu, Dr Jeff Neilson memaparkan penelitian yang telah dilakukan oleh beliau di Indonesia, khususnya Indonesia bagian timur.  Dr Neilson (yang fasih berbahasa Indonesia) memiliki pengalaman lebih dari 15 tahun tinggal dan melakukan penelitian di Indonesia.  Saat ini Dr Neilson  meneliti produksi kakao berkelanjutan di Indonesia bagian timur (Sulawesi dan Papua) dan kemitraan antara para petani dengan pembeli kopi specialty (Sulawesi, Flores dan Papua), pengelolaan hutan, perencanaan tata ruang dan pengelolaan sumber daya alam berbasis masyarakat (Sumatera).  

 

 

 

Pertemuan diakhiri dengan saling tukar pikiran antara peneliti BALITTRI dan perwakilan dari ACIAR.  Di akhir acara, Kepala BALITTRI (Dr. Rubiyo) memberikan cinderamata kepada Dr. Rodd Dyer.  Semoga pertemuan tersebut menjadi awal dari kerjasama yang baik antara BALITTRI dengan ACIAR dan The University of Sidney dalam pengembangan penelitian di masa yang akan datang, khususnya penelitian tentang kopi, karet, kakao dan teh. 

 

 

 

Highlights



Pengunjung

We have 55 guests and no members online

Statistik

Articles View Hits
1050122

Kunjungan

Hari IniHari Ini427
KemarinKemarin578
Minggu IniMinggu Ini5442
Bulan IniBulan Ini1005
TotalTotal40638
IP Anda : 18.208.187.128

Hak Cipta © 2017 Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (BALITTRI)
Jalan Raya Pakuwon Km. 2 Parungkuda, Sukabumi, 43357 Jawa Barat Indonesia
Telp. +62-266-6542181 Fax. +62-266-6542087 e-mail: balittri@litbang.pertanian.go.id, balittri@gmail.com