-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Kalender Tanam
Saber Pungli
satu-layanan
WBS
Sigap UPG
Lapor.go.id
PPID
SKM
perpus_digital
WBK
Ejurnal
TV-TANI

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 23 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 872730

Warning: copy() [function.copy]: php_network_getaddresses: getaddrinfo failed: Name or service not known in /var/home/vhosts/balittri/public/plugins/content/mavikthumbnails.php on line 674

Warning: copy(http://www.litbang.deptan.go.id/berita/one/1522/file/picture) [function.copy]: failed to open stream: No such file or directory in /var/home/vhosts/balittri/public/plugins/content/mavikthumbnails.php on line 674

Warning: copy(http://balittri.litbang.pertanian.go.id/berita/one/1522/file/picture) [function.copy]: failed to open stream: Connection refused in /var/home/vhosts/balittri/public/plugins/content/mavikthumbnails.php on line 674
Ekspo Nasional Inovasi Perkebunan (ENIP) 2013 PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Administrator   
Senin, 02 September 2013 00:00

Ekspo Nasional Inovasi Perkebunan (ENIP) kembali digelar pada 30 Agustus – 1 September 2013 di Jakarta Convention Center. Ekspo yang mengambil tema “Perkebunan Sebagai Pilar Strategi Green Economy Nasional” ini dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Radjasa yang didampingi oleh Wakil Menteri Pertanian Dr. Rusman Heriawan dan Kepala Badan Litbang Pertanian yang diwakili oleh Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan Dr. M. Syakir.

Dalam sambutannya, Menko Perekonomian mengatakan bahwa tema yang diangkat dalam ENIP kali ini sangat relevan dengan tuntutan peradaban saat ini. Menurutnya green economy merupakan salah satu kata kunci dalam menghadapi pembangunan masa depan.

Hatta Rajasa juga menambahkan bahwa inovasi merupakan faktor yang sangat penting dalam peningkatan nilai tambah dan daya saing pertanian khususnya perkebunan di Indonesia.

Indonesia sebagai negara penghasil berbagai komoditas perkebunan yang telah diakui dunia dianggap mempunyai berbagai keunggulan komparatif yang bisa lebih dikembangkan. "Keunggulan komparatif yang telah kita miliki haruslah didorong menjadi keunggulan kompetitif dengan pendekatan inovasi” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan Anugerah Inovasi Perkebunan kepada pemerintah daerah, swasta dan petani serta pemberian bantuan bibit kepada petani terpilih.

Seusai membuka acara, Menko Perekonomian bersama Wakil Menteri Pertanian berkesempatan untuk meninjau pameran yang menampilkan berbagai produk dan inovasi bidang perkebunan, baik dari instansi pemerintah maupun swasta.

Badan Litbang Pertanian menampilkan berbagai hasil inovasi teknologinya yang mendukung tema ekspo, seperti sistem pertanaman jeruk diantara kopi, aneka varietas kopi, kakao dan kenaf, mesin pemotong bibit tebu, sistem juring ganda yang mampu meningkatkan produktivitas tebu dan berbagai hasil inovasi pertanian lainnya. Selain Pameran, kegiatan ENIP selama tiga hari diisi dengan talk show, dialog nasional, konsultasi inovasi publik, demo interaktif produk dan inovasi perkebunan, wisata edukasi, hiburan, dan door prize.