-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

SKM
TV-TANI
Saber Pungli
WBS
WBK
Lapor.go.id
perpus_digital
PPID
Sigap UPG
satu-layanan
Ejurnal
Kalender Tanam

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 17 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 899962
Ini Peringkat Konsumsi Teh Indonesia di Dunia PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Administrator   
Rabu, 21 Januari 2015 10:44

VIVAlife - Indonesia merupakan negara produsen teh terbesar ke-8 di dunia. Sayangnya, konsumsi teh Indonesia terbilang cukup rendah yakni menempati peringkat ke-40 di dunia. Hal itu diungkapkan oleh Ratna Somantri, Tea Connoisseur atau pakar teh.

Fakta ini sangat disayangkan mengingat teh telah ada di Tanah Air sejak 200 tahun yang lalu. Indonesia sendiri juga memiliki ragam teh yang terbaik di dunia, salah satunya ialah teh melati.

"Teh melati khas Indonesia tidak bisa ditemukan dimana pun. Memang sejarah teh melati dari China tapi melati yang digunakan berbeda dari Indonesia," ujar Ratna yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang Promosi Dewan Teh Indonesia kepada VIVAlife, Rabu, 14 Januari 2015.

Ia juga mengatakan bahwa teh melati Indonesia lebih kental sedangkan di China teh melatinya encer dan rasanya juga cenderung ringan.

Tak hanya teh melati, teh khas Indonesia lainnya juga memiliki karakteristik khusus dibanding teh dari luar Indonesia. Beberapa karakteristik tersebut adalah warna teh yang cantik yakni, cokelat kemerahan serta aromanya yang khas, lebih membumi karena jenis tanah Indonesia yang berbeda dengan tanah di negara kain.

Selain itu, rasa tehnya juga lebih terasa dibanding teh dari China atau Taiwan. Karakteristik teh tersebut juga dapat digunakan sebagai acuan saat memilih teh berkualitas.

"Teh yang bagus juga tidak hanya punya after taste di mulut, tapi juga khasiatnya terasa di tubuh," ucap Ratna.

Lalu kapan waktu yang paling tepat menikmati secangkir teh hangat? Menurutnya, di pagi hari orang disarankan minum teh sebelum memulai aktivitas.

"Itu karena teh punya efek menenangkan. Teh terutama teh hijau membantu kita konsentrasi," ucap Ratna.

Sedangkan di sore hari, saat stamina sudah mulai menurun, Ratna menyarankan untuk minum secangkir teh untuk memberikan energi tambahan.

Sumber: http://www.life.viva.co.id/news/read/578151-ini-peringkat-konsumsi-teh-indonesia-di-dunia