-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

PPID
Kalender Tanam
perpus_digital
Sigap UPG
TV-TANI
satu-layanan
SKM
Lapor.go.id
Saber Pungli
WBS
Ejurnal
WBK

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 25 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 976793
Sosialisasi Perkembangan Hasil Riset Konsorsium Balittri - BB Biogen untuk Pemetaan Genom Kakao PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Administrator   
Senin, 20 April 2015 09:23

Sosialisasi genomik kakao bb-biogenPakuwon -- Sejak tahun 2010, BB Biogen telah bekerjasama dengan Balittri telah melaksanakan kegiatan riset pemetaan genom kakao. Sosialisasi perkembangan terbaru hasil riset tersebut dilakukan pada tanggal 9 April 2015 oleh anggota tim peneliti dari BB Biogen yang terdiri dari Dr. Puji Lestari, Habib Rijzanani, M.Si, dan Dr. Reflinur, M.Si. dihadapan peneliti lingkup Balittri.

Dalam kesempatan tersebut peneliti Balittri mendapatkan penjelasan mengenai peran riset genomik dalam mendukung program pemuliaan tanaman yang dilakukan di balai-balai komoditas. Meskipun riset genomik memerlukan investasi yang relatif besar, tetapi keluaran yang diperoleh dapat dimanfaatkan untuk membantu memperpendek siklus seleksi, terutama pada tanaman tahunan.

Perkembangan terakhir hasil riset menunjukkan bahwa terdapat keragaman sekuen genom yang cukup tinggi antar genotipe yang diuji. Setiap genotipe memiliki susunan single nucleotide polymorphism (SNP) yang unik. Keragaman SNP tersebut diharapkan dapat diasosiasikan dengan gen-gen pengendali sifat yang diinginkan, seperti ketahanan terhadap penyakit busuk buah Phytophthora. Riset konsorsium masih dilanjutkan untuk tahun anggaran 2015 dalam rangka mendapatkan  populasi F1 kakao yang memadai untuk bahan pemetaan sifat ketahanan terhadap penyakit tersebut. (Elsera Tarigan/Balittri).