-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

TV-TANI
Kalender Tanam
Saber Pungli
satu-layanan
WBS
Sigap UPG
Lapor.go.id
PPID
SKM
perpus_digital
WBK
Ejurnal

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 19 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 872701
Bimbingan Teknis Budidaya Kakao dan Kopi untuk Pengembangan Komoditi Perkebunan di Mandor, Landak, Kalimantan Barat PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Administrator   
Kamis, 03 September 2015 14:32

Kalbar -- Sehubungan dengan rencana pengembangan komoditas kakao dan kopi pada perkebunan rakyat, Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Landak bekerjasama dengan Puslitbang Perkebunan dan Balittri menyelenggarakan pelatihan teknis budidaya kakao dan kopi. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 1 - 2 September 2015 di Desa Mandor, Kecamatan Mandor, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat dengan peserta 50 orang. Materi yang disampaikan adalah teknologi budidaya kopi dan kakao serta praktek penanaman kopi di lahan petani dengan pemateri Ir. Handi Supriadi dari Balittri.

Kabupaten Landak merupakan tempat perkebunan karet dan kelapa sawit yang luas. Secara bertahap perkebunan  dilakukan perluasan wilayah. Selain karet juga dikembangkan tanaman yang memiliki komoditi unggulan, yakni tanaman kopi dan kakao. Budidaya kopi dan kakao juga bisa dilakukan dengan pola tanam diantara tanaman karet. Lahan yang direncanakan untuk pengembangan komoditas ini kurang lebih 50 – 200 Ha. Banyak lahan bekas tambang emas yang bisa digunakan untuk perkebunan.