Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Lapor.go.id
PPID
Kalender Tanam
satu-layanan
TV-TANI
WBS
Saber Pungli
WBK
Ejurnal
perpus_digital
SKM
Sigap UPG

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 51 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 741792
International Coffee Day: Indonesia Sebagai Penghasil Kopi Terbaik Dunia PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Elsera Tarigan   
Jumat, 02 Oktober 2015 23:16

Jakarta - Perayaan Hari Kopi Sedunia atau “International Coffee Day” yang diselenggarakan pada tanggal 1 Oktober 2015 dinilai sebagai momentum peningkatan kecintaan masyarakat terhadap kopi Nusantara. Tidak diragukan lagi, kopi Indonesia memiliki citarasa dan aroma spesial yang telah diakui dunia. Dari sepuluh jenis kopi spesialti yang ada di dunia, lima di antaranya berasal dari Indonesia. Sayangnya, pengakuan dunia Internasional terhadap kualitas kopi Indonesia ternyata belum menggairahkan petani dan pelaku usaha kopi di Indonesia. Hal ini terbukti dengan penurunan peringkat Indonesia sebagai negara pengekspor kopi dunia, yaitu dari peringkat ke-3 menjadi peringkat ke-4.

Perayaan yang diselenggarakan di Gedung Kementerian Perindustrian tersebut dibuka oleh Saleh Husin selaku Menteri Perindustrian. Dalam sambutannya, Menteri Perindustrian menyebutkan tujuan dari perayaan ini adalah untuk merayakan budaya kopi sekaligus gerakan untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas kopi nusantara. Tujuan lainnya adalah untuk mempromosikan peningkatan konsumsi kopi dalam negeri serta menggairahkan ekspor kopi ke dunia Internasional. Dengan demikian, pada akhirnya akan mendorong peningkatan kesejahteraan seluruh mata rantai perkopian tanah air, mulai dari petani produsen hingga industri pengolahan.

Acara perayaan tersebut dihadiri oleh instansi terkait, pelaku usaha, petani, dan pecinta kopi. Perayaan ini juga didukung oleh Kementrian Perdagangan, Kementrian Pertanian, AEKI, AIEC, AKLI dan  Asosiasi Kopi Spesialti Indonesia. Pencanangan hari kopi sedunia ini dilakukan dengan minum kopi bersama. Dalam sesi diskusi disampaikan oleh ketua AEKI mengenai peran Kementerian Pertanian dalam mendorong gerakan menanam kopi skala luas serta peran Kementerian Perdagangan dalam menciptakan marketing ghimmick kopi nusantara. Harapannya, produktivitas yang semakin meningkat didukung dengan brand yang semakin menguat akan memberikan dampak positif bagi seluruh pelaku usaha kopi Indonesia. Acara serupa rencananya akan dilakukan setiap tahun di seluruh daerah di Indonesia mulai dari Aceh sampai Papua oleh produsen kopi, pemerintah daerah, pengusaha kopi, dan komunitas pecinta kopi. (Elsera)

 

Artikel terkait

script type="text/javascript"> $(document).ready(function(){ $('body').append(""+""); });