Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Lapor.go.id
PPID
Kalender Tanam
satu-layanan
TV-TANI
WBS
Saber Pungli
WBK
Ejurnal
perpus_digital
SKM
Sigap UPG

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 72 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 741813
Sumbangsih Ilmu oleh Pakar Kopi Balittri untuk Petani Penangkar Kopi Jawa Barat PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Tajul flah   
Kamis, 28 April 2016 00:00

Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar kembali dipercayai oleh Balai Pengembangan Benih Tanaman Perkebunan, Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat untuk mengisi di acara Kegiatan Pertemuan Teknis Pembenihan Kopi Arabika Java Preanger di Jawa Barat. Acara tersebut merupakan suatu rangkaian acara yang melibatkan berbagai pihak yang terlibat dalam intensifikasi perkebunan kopi Arabika seperti petani, penangkar kopi dan perwakilan dari Dinas Perkebunan Jawa Barat. Kegiatan ini dilaksanakan mulai bulan Maret hingga April di Kabupaten Garut, Cianjur, dan Bandung Barat.

Balittri mendapatkan kesempatan mengisi acara antara lain di Desa Margamulya, Kecamatan  Cikajang, Kabupaten Garut; Desa Sukadana, Kecamatan  Campaka, Kabupaten Cianjur; Desa Mandala Mukti, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat; dan Balai Pengembangan Benih Tanaman Perkebunan. Dalam kesempatan ini pihak Balittri mendelegasikan bapak Ir.Handi Supriadi sebagai narasumber untuk materi berupa pengenalan dan perbanyakan bahan tanam/varietas, pemupukan, pemangkasan, pengendalian hama dan penyakit secara kultur teknis, dan penanganan hasil panen Kopi Arabika.

Selain perwakilan dari Balittri, acara yang dibuka oleh bapak Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat, Kepala Bidang Produksi Dinas Perkebunan Kabupaten Garut, Kepala Bidang Perkebunan Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Cianjur, Kepala Bidang Produksi Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat, acara ini juga diisi oleh narasumber dari Direktorat Jenderal Perkebunan dengan topik Tindak Lanjut Pedoman Perbenihan Tanaman Rempah dan Penyegar.

Diharapkan dengan temu teknis ini para stakeholder dan petani penangkar benih dapat bersinergi dalam mewujudkan desa mandiri benih sehingga ketersediaan benih kopi bermutu akan terjamin. (TJ)

 

Artikel terkait

script type="text/javascript"> $(document).ready(function(){ $('body').append(""+""); });