-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

PPID
Sigap UPG
satu-layanan
Ejurnal
Kalender Tanam
SKM
TV-TANI
Saber Pungli
WBS
WBK
Lapor.go.id
perpus_digital

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 14 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 897661
Upaya Menjalin Kerjasama Riset Kopi Arabika dengan Pemerintah Daerah Jawa Barat PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Dani   
Rabu, 18 Mei 2016 22:30

Jawa Barat merupakan salah satu daerah sentra pengembangan kopi Arabika yang sebagian besar dimiliki dan dikelola oleh masyarakat. Balittri, sebagai lembaga penelitian yang diberi amanah untuk melakukan riset tanaman industri dan penyegar, khususnya kopi, menyadari pentingnya menjalin kerjasama dengan para pemangku kepentingan di daerah.

Dalam rangka penjajakan kerjasama riset dengan pemerintah daerah, tim peneliti Balittri (Ir. Enny Randriani, Ir. Bedy Sudjarmoko, M.Si, Dr. Meynarti Ibrahim, Dani, M.Sc., dan Funny Susanti, S.P., M.Si.) melakukan kunjungan ke Balai Pengembangan Benih Tanaman Perkebunan, Dinas Perkebunan Jawa Barat pada tanggal 16 - 18 Mei 2016. Dalam kesempatan tersebut, tim diterima oleh Kepala Seksi Pengembangan Benih Tanaman Perkebunan, Dani Dayawiguna, S.P., M.P.

Dari hasil diskusi diketahui bahwa Pemerintah Daerah Jawa Barat sangat bersemangat untuk memperluas pengembangan kopi Arabika di wilayahnya. Salah satu langkah yang dilakukan adalah mengidentifikasi kultivar-kultivar lokal yang potensial untuk dijadikan sebagai sumber benih. Di wilayah Jawa Barat telah lama berkembang beberapa kultivar dari kelompok Typica, Lini-S, Caturra, dan Catimor sehingga berpeluang memunculkan tipe-tipe baru. Upaya tersebut disadari tidak akan memberikan hasil maksimal tanpa adanya kerjasama dengan lembaga-lembaga riset. Oleh sebab itu, BPBTP Disbun Jabar berencana untuk bekerjasama dengan Balittri dalam melakukan identifikasi kultivar berdasarkan penanda molekuler. (Dani)

 

Artikel terkait