-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Ejurnal
TV-TANI
Lapor.go.id
Kalender Tanam
PPID
SKM
perpus_digital
WBS
Saber Pungli
satu-layanan
WBK
Sigap UPG

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 17 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 837754
Sinergi Kegiatan Riset antara BB Biogen dengan Balittri PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Dani   
Rabu, 25 Mei 2016 22:32

Sebagai unit pelaksana teknis (UPT) dalam lingkup Badan Litbang Pertanian, Balittri mendapatkan tugas yang tidak ringan, yaitu melakukan penelitian tanaman industri dan penyegar. Tantangan dan kendala ke depan telah disadari bersama akan semakin kompleks dan dinamis, terutama kaitannya dengan pertumbuhan penduduk dan perubahan iklim global. Peneliti dituntut untuk mampu menghasilkan invensi inovatif dalam waktu yang cepat. Sinergi antar bidang dan antar institusi kemudian menjadi suatu keharusan untuk menjawab tantangan tersebut.

Dalam rangka makin mempererat sinergi dengan UPT lain lingkup Badan Litbang Pertanian, Balittri menugaskan dua orang staf peneliti untuk menghadiri rapat kerja (raker) BB Biogen yang diselenggarakan tanggal 24-25 Mei 2016. Tema yang diusung dalam raker tersebut adalah "Refokusing Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Sumberdaya Genetik Mendukung Peningkatan Produksi Komoditas Strategis". Sebagai balit yang menangani salahsatu komoditas strategis, yaitu kakao, Balittri  sudah melakukan riset penanda molekuler untuk sifat ketahanan busuk buah kakao bersama BB Biogen dalam kerangka konsorsium.

Raker BB Biogen

Dalam kesempatan tersebut, Dr. Nur Ajijah dan Dr. Meynarti Ibrahim, selaku perwakilan peneliti Balittri menyampaikan usulan untuk memperluas kerjasama riset Balittri - BB  Biogen, di antaranya terkait dengan pengelolaan plasma nutfah, pembentukan populasi seleksi, mutasi in vitro, dan penanda molekuler untuk sifat ketahanan. Laboratorium kultur jaringan Balittri saat ini sudah siap untuk berkerjasama dengan BB Biogen dalam proses transformasi gen. Beberapa ide penelitian juga mengemuka dari para narasumber, seperti identifikasi mikroba yang terkait dengan proses enzimatis pada kopi luwak dan fermentasi pada kakao. Program-program penelitian berbasis bioteknologi diharapkan dapat menghasilkan luaran yang lebih baik melalui sinergi antara BB-Biogen dengan balit komoditas, khususnya Balittri. (Dani)

 

Artikel terkait