-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Ejurnal
TV-TANI
Lapor.go.id
Kalender Tanam
PPID
SKM
perpus_digital
WBS
Saber Pungli
satu-layanan
WBK
Sigap UPG

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 20 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 837683
Geliat Kebangkitan Kembali Kejayaan Kopi Arabika Typica PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Dani   
Selasa, 07 Juni 2016 09:32

Sejarah telah menggambarkan bahwa kopi Arabika tipe Typica pernah berjaya pada masa kolonial Belanda. Kehancurannya secara massive akibat serangan penyakit karat daun (Hemileia vastatrix) diduga berkaitan dengan basis genetiknya yang sempit. Kopi Arabika dengan basis genetik Catimor dan Lini S yang lebih toleran karat daun kemudian dikembangkan secara luas. Kini, kopi Arabika Typica hanya ditemukan tumbuh dan berproduksi baik di dataran tinggi pegunungan yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia.

Kopi Arabika Typica

Tren kopi spesialti yang mulai marak saat ini telah mendorong kebangkitan kembali kopi Arabika Typica di tanah air. Dalam beberapa tahun terakhir, petani mulai merasakan peningkatan permintaan dan harga biji kopi asal varietas tersebut. Hal ini menggugah semangat banyak pihak, termasuk institusi riset dan pemerintah daerah, untuk mendukung pengembangan kopi Arabika Typica dalam skala luas.

Hasil pengujian membuktikan bahwa biji kopi Arabika Typica terbukti memiliki mutu citarasa tinggi mengacu pada standar Specialty Coffee Association of America (SCAA). Beberapa contoh biji kopi Arabika Typica dari wilayah pegunungan Jawa Barat mendapatkan skor akhir > 85. Bukti tersebut menjadi gambaran geliat kembangkitan kembali kejayaan kopi Arabika Typica di tanah air. (Dani)

 

Artikel terkait