-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

TV-TANI
Saber Pungli
WBS
WBK
Lapor.go.id
PPID
satu-layanan
perpus_digital
Sigap UPG
Ejurnal
Kalender Tanam
SKM

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 29 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 894979
Sosialisasi Pengaplikasian Digital Object Identifier (DOI) pada Indonesian Agency for Agricultural and Research Development (IAARD) Electronic Journal (E-Journal) PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Arifa Chan   
Selasa, 14 Juni 2016 16:11

Pada tanggal 14 Juni 2016, telah diadakan sosialisasi pengaplikasian Digital Object Identifier (DOI) Indonesian Agency for Agricultural and Research Development (IAARD) electronic journal (E-Journal) di Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian, Bogor. Acara tersebut merupakan rangkaian agenda pengembangan pengelolaan terbitan berkala ilmiah (TBI) secara online menggunakan aplikasi Online Journal System (OJS) terintegrasi lingkup Badan Litbang Pertanian (http://ejurnal.litbang.pertanian.go.id).

Badan Litbang Pertanian melalui Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian telah meregister DOI dibawah lembaga CrossReff dan menyediakannya untuk setiap artikel di masing-masing IAARD E-Journal.

DOI adalah serangkaian angka yang digunakan sebagai alat pengenal permanen secara digital pada suatu object tanpa keterikatan lokasi object tersebut. Umumnya DOI diimplementasikan pada Online Journal dengan tujuan menyimpan metadata artikel secara permanen termasuk lokasi objek dimana file artikel disimpan.

Berbeda dengan sistem URL yang menggunakan internet untuk halaman web, DOI mengidentifikasi object secara permanen (melekat) bersifat unik (tidak ada duanya) dan persisten (tidak berubah) walaupun kepemilikan atau lokasinya berubah. Hanya saja, sistem DOI tidak dibuka secara bebas, hanya organisasi yang teregister (registrant) atau yang mempunyai kontrak saja yang bisa akses atau menggunakannya.

Format DOI berbentuk string karakter yang terbagi menjadi dua bagian: prefix dan suffix, serta dipisahkan oleh karakter “/”. Prefix merujuk ke otoritas (lembaga) yang berwenang memberikan DOI dan suffix merupakan identifier yang dipilih dan diberikan ke suatu object tertentu oleh registrant.

Dengan tersedianya DOI, diharapkan seluruh E-Journal lingkup Badan Litbang Pertanian dapat segera terindeks oleh pengindeks internasional yang berkelas tinggi, sehingga dapat memberikan nilai ilmiah dengan kepercayaan yang lebih tinggi. (Arifa Chan)