-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Kalender Tanam
Saber Pungli
satu-layanan
WBS
Sigap UPG
Lapor.go.id
PPID
SKM
perpus_digital
WBK
Ejurnal
TV-TANI

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 24 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 876725
Bersertifikat Indikasi Geografis, Kopi Liberoid Kepulauan Meranti Siap Hadapi Tantangan Global PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Budi Martono   
Selasa, 19 Juli 2016 10:37

Dengan adanya perlindungan indikasi geografis, kopi Liberoid Kepulauan Meranti diharapkan akan lebih berdaya saing serta memiliki akses yang lebih besar terhadap pasar dunia. Di samping itu akan terjadi peningkatan nilai tambah bagi petani dan masyarakat di sekitarnya. Tanda Indikasi Geografis (IG) adalah label, logo, dan tanda keterunutan.

 

Logo Indikasi Geografis Kopi Liberoid Meranti

Menurut Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Kepulauan Meranti, Ir. Mamun Murod, M.M., makna yang terkandung di dalam logo tersebut adalah:

  1. Perisai dengan warna hijau  memiliki makna alam yang subur sebagai ketahanan pangan masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti.
  2. Kopi sebagai salah satu sumber pendapatan masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti dan kopi di daerah ini merupakan satu satunya kopi di wilayah Provinsi Riau dengan jenis Liberika.
  3. Perahu layar berwarna kuning dengan warna putih yang terkembang bermakna bahwa kopi tumbuh di daratan rendah dan berada di jalur transportasi laut sehingga bisa digunakan untuk berlayar ke seluruh dunia.
  4. Lima garis gelombang berwarna biru menggambarkan prinsip memegang teguh lima dasar negara Indonesia yang terdapat dalam Pancasila.
  5. Kopi Liberika Rangsang Meranti adalah kopi jenis Liberika yang awalnya ditanam di daerah Sempian desa Kedaburapat Kecamatan Rangsang Pesisir Kabupaten Kepulauan Meranti.
  6. Meranti terdiri dari tiga pulau besar yang menjadi dasar  wilayah pembentukan Kabupaten Kepulauan Meranti yaitu Pulau Merbau, Pulau Rangsang, dan Pulau Tebing Tinggi.
  7. Pita warna merah dan tulisan Kopi Liberika Rangsang Meranti  yang berwarna putih berarti kesiapan jasmani dan rohani anggota masyarakat dalam menghadapi ekonomi global dan perkembangan zaman. Kode keterunutan:  (K). (Dani)