-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Saber Pungli
Kalender Tanam
WBK
TV-TANI
PPID
Pakar Kopi
Lapor.go.id
WBS
satu-layanan
perpus_digital
Sigap UPG
SKM
pui-balittri
Ejurnal

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 42 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1151271
Laporan FGD Peta Tanah, Peta Kesesuaian Lahan dan Arahan Komoditas, dan Paket Rekomendasi Pengelolaan Lahan Kabupaten/Kota PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Handi Supriadi   
Sabtu, 01 Oktober 2016 12:52

Fokus Grup Diskusi Peta Tanah, Peta Kesesuaian Lahan dan Arahan Komoditas, dan Paket Rekomendasi Pengelolaan Lahan Kabupaten/Kota dilaksanakan pada tanggal 29-30 September 2016 di Aula Rektorat Unpad – Jatinangor Sumedang.  Kegiatan tersebut diikiuti sekitar 50 orang yang berasal pejabat struktural dan peneliti lingkup Badan Litbang Pertanian, Guru Besar IPB, Unpad, UGM, dan Universitas Brawijaya sebagai pembahas, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran, Agam, Barito Utara dan Luwu (stake holder) serta dari Cocoa Suistainability Partnership.

Acara dibuka oleh Wakil Ketua Komisi IV DPR, Dr. E. Herman Khaeron, M.Si.  Dalam sambutannya Wakil Ketua Komisi IV DPR menyatakan DPR akan mendukung (secara politis dan anggaran)  pembuatan Peta Tanah, Peta Kesesuaian Lahan dan Arahan Komoditas, dan Paket Rekomendasi Pengelolaan Lahan Kabupaten/Kota untuk 9 komoditas pertanian strategis, yang dilaksanakan oleh Badan Litbang Pertanian. Sambutan dan arahan Kepala Badan Litbang Pertanian disampaikan oleh kepala BBSDLP yaitu Dr. Dedi Nursyamsi, M.Agr.

Acara tersebut membahas pogress dan kendala dalam pembuatan Peta Tanah,  Peta Kesesuaian Lahan dan Arahan Komoditas skala 1: 50.000, dan Paket Rekomendasi Pengelolaan Lahan Kabupaten/Kota untuk 9 komoditas pertanian strategis yaitu padi, jagung, kedelai, bawang merah, cabe merah, tebu, kelapa sawit, kakao dan pakan ternak.

Pada acara tersebut Balittri berperan dalam menyusun Rencana Pengelolaan Lahan (RPL) tanaman takao untuk seluruh kabupaten/kota di Indonesia (514 kabupaten/kota)  yang terbagi kepada 16 paket RPL yaitu Lahan tadah hujan 4 paket, lahan kering 8 paket dan lahan gambut 4 paket.

Pada akhir 2016 ditargetkan peta tanah skala 1:50.000 untuk seluruh kabupaten/kota di Indonesia sudah jadi.  Sedangkan  Peta Kesesuaian Lahan dan Arahan Komoditas skala 1: 50.000, dan Paket Rekomendasi Pengelolaan Lahan Kabupaten/Kota untuk 9 komoditas pertanian strategis jadi 50%. (Handi Supriadi)

 

Artikel terkait