-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

WBK
PPID
TV-TANI
satu-layanan
pui-balittri
Pakar Kopi
WBS
Sigap UPG
SKM
Ejurnal
Lapor.go.id
perpus_digital
Saber Pungli
Kalender Tanam

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 64 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1145525
Inisiasi Kerjasama Riset Balittri dengan Fakultas Pertanian UGM PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Dani   
Minggu, 23 Oktober 2016 15:27

Hari jumát (21/10/2016) Kepala Balittri, Ir. Syafaruddin, Ph.D., di dampingi dua staf peneliti pemulia tanaman melakukan kunjungan ke Fakultas Pertanian UGM dalam rangka membangun jejaring kerjasama riset dengan Fakultas Pertanian UGM. Dr. Rudi Hari Murti, mewakili pimpinan Fakultas Pertanian UGM, serta Dr. Eka Tarwaca Susila dan Dody Kastono, S.P., M.P., mewakili direksi PT Pagilaran, menyambut baik rencana kerjasama tersebut. Pertemuan ini menindaklanjuti hasil diskusi intern sebelumnya bahwa Fakultas Pertanian UGM bersama PT Pagilaran telah banyak melakukan kegiatan penelitian beberapa komoditas tanaman perkebunan, termasuk kakao dan teh. Beberapa hasil penelitian, seperti mutan kakao hasil irradiasi sinar gamma, beberapa nomor hibrida kakao dan beberapa nomor harapan hibrida teh. Materi genetik kakao dan teh tersebut sampai saat ini belum pernah diajukan untuk dilepas sebagai varietas unggul. Oleh karena itu, Balittri siap menjalin kerjasama dengan Fakultas Pertanian UGM dalam rangka pengusulan varietas unggul tanamam industri dan penyegar, khususnya kakao dan teh.

Pihak Fakultas Pertanian UGM menyampaikan bahwa nomor-nomor harapan teh hasil persilangan merupakan materi genetik yang paling siap untuk diajukan dilepas sebagai varietas unggul. Sebanyak 15 nomor harapan teh yang diberi nama Pagilaran 1-15, masing-masing mempunyai keunggulan spesifik, baik dilihat dari sifat daya hasil, kadar katekin maupun ketahanan terhadap hama utama, seperti Empoasca. Nomor-nomor harapan hasil persilangan tersebut sudah dikembangkan secara klonal sampai generasi keenam dan telah diuji-adaptasikan di 3 lokasi/afdeling dengan ketinggian tempat yang berbeda selama beberapa tahun (data 4 tahun produksi lengkap). Tiga lokasi tersebut masing-masing berada di tiga afdeling, yaitu Andongsili (dataran tinggi / +1.400 m.dpl), Kayulandak (dataran menengah / +700 m dpl) dan Pagilaran (dataran rendah).

Pihak Balittri menegaskan telah cukup berpengalaman melepas beberapa varietas unggul tanaman perkebunan tahunan, sehingga sudah cukup memahami dengan baik proses yang harus dilalui. Sebagai langkah awal perlu segera dilengkapi data-data fenotipik sebagai bahan untuk menyusun deskripsi varietas agar dapat didaftarkan ke kantor Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (Pusat PVTPP), Sekretariat Jenderal Kementerian Pertanian. Langkah berikutnya adalah menyusun konsep naskah kesepakatan kerjasama antara Fakultas Pertanian UGM dengan Balittri berupa memorandum of execution (MoE) yang ditargetkan akan selesai akhir Oktober 2016. (Syafaruddin/Dani)

 

Artikel terkait