-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

TV-TANI
Kalender Tanam
Saber Pungli
satu-layanan
WBS
Sigap UPG
Lapor.go.id
PPID
SKM
perpus_digital
WBK
Ejurnal

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 27 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 872694
Koordinasi Teknis dan On-Site Service Pendaftaran Varietas PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Handi Supriadi   
Minggu, 25 September 2016 20:11

 

Koordinasi Teknis dan On-Site Service Pendaftaran Varetias yang dilaksanakan pada tanggal 22 September 2016 bertempat di Ruang Pertemuan Dinas Pertanian dan Kehutanan, Kabupaten Bogor, Cibinong-Bogor.  Acara diawali dengan pembukaan oleh Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan(Kadistanhut) Kabupaten Bogor  Ir. Siti Nurianty, M.M. dan pengarahan oleh Kepala Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PVTPP) Kementerian Pertanian,  Prof (R) Dr.Ir. Erizal Jamal, M.Si.  Nara sumber utama dalam pertemuan tersebut adalah Kepala Bidang Pendaftaran Varietas Tanaman Dra. Emma Sujaemah.  Kegiatan ini dihadari  35 orang peserta yang berasal dari PVTPP, Balitbangtan, Pemda Kabupaten Bogor dan Subang, Institut Pertanian Bogor (IPB), dan dari Balittri sendiri diwakili oleh Ir. Handi Supriadi. Adapun hasil dari Koordinasi Teknis dan On-Site Service Pendaftaran Varetias adalah sebagai berikut:

  1. Kapus PVTPP sangat mengharapkan adanya masukan dari peserta untuk dijadikan sebagai bahan FGD perbaikan sistem  pendaftaran dan perlindungan varietas di Indonesia.
  2. Pendaftaran varietas lokal dan hasil pemuliaan dapat dilakukan baik untuk tanaman yang mempunyai sifat unggul maupun yang tidak unggul.
  3. Varietas lokal yang hanya tumbuh/dikembangkan di suatu lokasi /kabupaten/kota, pendaftarannya dilakukan oleh Bupati/Walikota, jika penyebarannya terdapat pada dua kabupaten atau lebih dalam satu provinsi pendaftarannya dilakukan oleh Gubernur, jika penyebarannya lintas provinsi pendaftarannya dilakukan oleh Kapus PVTPP.
  4. Pendaftaran varietas lokal dan hasil pemuliaan  dilakukan secara gratis (tanpa dipungut biaya)
  5. Jika diperlukan  pihak PVTPP dapat  melakukan evaluasi ke lokasi varietas lokal dan hasil pemuliaan, dengan biaya perjalanan dan akomodasi ditanggung oleh pihak PVTPP
  6. Pendaftar dapat meminta bantuan teknis ke PVTPP untuk pembuatan diskripsi tanaman dengan biaya perjalanan dan akomodasi ditanggung oleh pihak PVTPP
  7. Dalam kegiatan tersebut petugas PVTPP langsung mencatat varietas lokal dan hasil pemuliaan yang didaftarkan peserta
  8. Balittri membantu  mendaftarkan 1 varietas lokal teh (teh Tambi) milik kabupaten Wonosobo, kopi Arabika Kuning dan Luna Maya milik Kabupaten Garut, kopi Robusta Pagaralam (5 varietas) milik Kota Pagaralam dan Kopi Robusta Bogor (2 varietas) milik Kabupaten  Bogor.