-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Lapor.go.id
perpus_digital
Ejurnal
Kalender Tanam
WBS
Pakar Kopi
Saber Pungli
SKM
satu-layanan
PPID
WBK
pui-balittri
TV-TANI
Sigap UPG

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 59 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1250943
Focus Discussion Group (FDG) Pembahasan Concept Note Proyek Green Climate Fund PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Handi Supriadi   
Rabu, 02 November 2016 11:25

Focus Discussion Group (FDG) Pembahasan Concept Note Proyek Green Climate Fund dilaksanakan tanggal 27-28 Oktober 2016 di Hotel Santika Bogor.  FGD  dipimpin oleh Kasubdit Tanaman Penyegar, Ditjenbun (Bagus Hudoro). Peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut berjumlah 15 orang yang berasal dari Ditjenbun, Badan Litbang Pertanian (Balittri), UNDP dan Konsultan.


Hasil pembahasan adalah sebagai berikut:

  1. Lokasi kegiatan/proyek di Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan komoditas : kakao, kopi, jambu mete, kelapa, padi dan Jagung dengan anggaran sekitar Rp. 400 milyar (selama 6 tahun)
  2. Hasil penelitian mengenai dampak perubahan iklim pada tanaman kakao. Kopi, jambu mete, kelapa, padai dan jagung, serta upaya untuk mengatasinya (adaptasi dan mitigasi)
  3. Hasil penelitian mengenai model budidaya tanaman kakao, kopi, jambu mete, kelapa, padi dan Jagung untuk adaptasi dan mitigasi perubahan iklim.
  4. Data petani/kelompok tani di NTT serta jumlah petani/kelompok tani  yang akan dilibatkan dalam proyek GCF, termasuk rencana penguatan sumberdaya manusia (petani) dan kelembagaannya (Gapoktan/kelompok tani).
  5. Inventarisasi lembaga keungan (Bank, Koperasi dll) yang dapat menunjang kegiatan GCF di NTT
  6. Kegiatan serupa yang pernah dilakukan/sedang berjalan yang dibiayai oleh Pemerintah Indonesia (Pemerintah Pusat dan Daerah) di NTT.
  7. Concept Note akan disempurnakan kembali pada pertemuan selanjutnya dan hasil akhirnya akan diserahkan ke Badan Kebijakan Fiskal, Kementerian Keuangan.
 

Artikel terkait