-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Sigap UPG
Lapor.go.id
PPID
SKM
perpus_digital
WBK
Ejurnal
TV-TANI
Kalender Tanam
Saber Pungli
satu-layanan
WBS

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 24 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 874811
Raih Penghargaan Terbaik, Peserta dari Balittri dinobatkan menjadi Duta OJS PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Arifa Chan   
Jumat, 16 Desember 2016 12:20

Publikasi ilmiah, salah satunya jurnal, merupakan jembatan sekaligus menjadi salah satu indikator kinerja dari Badan Litbang Pertanian dalam mendiseminasikan output penelitian yang telah dihasilkan ataupun yang sedang berjalan. Untuk itu, diperlukan dukungan teknologi informasi yang dapat mengoptimalkan kecepatan, luasan, dan sebaran inovasi teknologi pertanian yang telah dihasilkan Badan Litbang Pertanian secara cepat, tepat, dan mendunia.

Salah satu upaya yang telah dilakukan Badan Litbang Pertanian adalah dengan memanfaatkan platform pengelolaan dan penerbitan jurnal secara elektronik yaitu Open Journal System (OJS). Sebagai tindaklanjut pengembangan pengelolaan jurnal secara elektronik yang telah dirintis sejak tahun 2012, Badan Litbang Pertanian bekerjasama dengan Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia  (Pusbindiklat LIPI) mengadakan DIKLAT Pengelolaan Jurnal Elektronik yang merupakan agenda rutin Pusbindiklat LIPI dalam meningkatkan kapasitas SDM pengelola Jurnal.

 

Acara yang diikuti oleh 30 pengelola jurnal UK/UPT lingkup Badan Litbang Pertanian tersebut berlangsung selama 5 hari (20 – 25 November 2016). Capaian yang diharapkan dari DIKLAT tersebut adalah setiap pengelola jurnal dapat mengelola jurnal secara elektronis menggunakan platform/aplikasi OJS secara mandiri dan sesuai dengan standar penilaian akreditasi terbitan ilmiah. Rangkaian DIKLAT terdiri dari penyampaian materi, praktek, dan seminar hasil DIKLAT. Materi yang disampaikan antara lain:

  1. Kebijakan, manajemen dan Strategi Pengelolaan Jurnal Ilmiah serta Standar Dasar E-Journal sesuai Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah
  2. Manajemen Jurnal dan Pembuatan Desain Tampilan OJS
  3. Manajemen Keredaksian dan Penerbitan secara elektronik dengan OJS
  4. Pemanfaatan Tools/Aplikasi pendukung OJS (Mendeley, Grammarly, Endnote, Crosscheck) dalam Pengelolaan E-Jurnal
  5. Strategi indeksasi E-jurnal pada lembaga pengindeks bereputasi

Dilanjutkan dengan praktikum manajemen penerbitan secara individu, praktikum pembuatan E-Journal secara individu, dan diakhiri seminar hasil diklat pembuatan serta manajemen penerbitan E-jurnal menggunakan OJS secara individu dan kelompok.

 

Pada sesi terakhir, acara ditutup oleh Kepala Pusbindiklat LIPI Dr. Ir. Dwi Eny Djoko Setyono, M.Sc. yang memberikan penghargaan kepada kelompok terbaik dan 6 peserta terbaik (individu) berdasarkan penilaian kemampuan dalam menguasai manajemen Penerbitan, pembuatan E-jurnal, dan pemaparan (presentasi) sebagai berikut:

  1. Arifa Nofriyaldi Chan dari Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri)
  2. Tini Nurcahaya dari Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro)
  3. Bursatriannyo dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbang Perkebunan)
  4. Ferdian Tejorochmanto dari Balai Besar Penelitian Dan Pengembangan Pascapanen Pertanian (BB Pascapanen)
  5. Restu Puji Hidayat dari Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian (PSE-KP)
  6. Ibnu Salman dari Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian  (PSE-KP)

Dalam kesempatan itu, Kepala Pusbindiklat menyampaikan pesan kepada seluruh peserta agar dapat menjadi Duta OJS bagi institusinya dan dapat mensosialisasikan serta menerapkan pengelolaan dan penerbitan jurnal ilmiah secara elektronik di masing-masing publikasi ilmiah yang dikelola.