-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Kalender Tanam
Saber Pungli
satu-layanan
WBS
Sigap UPG
Lapor.go.id
PPID
SKM
perpus_digital
WBK
Ejurnal
TV-TANI

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 23 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 872744
FGD dalam Rangka Merumuskan Pohon Riset Komoditas Perkebunan PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Dani   
Rabu, 21 Desember 2016 19:21

Pada tanggal 20-21 Desember 2016 Puslitbang Perkebunan melaksanakan kegiatan focus group discussion (FGD) dalam rangka merumuskan pohon riset tebu, kemiri sunan, kopi, kakao, kelapa, sagu,  lada, dan nilam. Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut hasil Rapat Kerja Badan Litbang Pertanian mengenai Grand Design Lumbung Pangan Dunia. Dalam pembukaan acara, Kepala Puslitbang Perkebunan (Dr. Fadjry Djufry, MSi) mengingatkan mengenai pentingnya membenahi database hasil-hasil riset komoditas lingkup Puslitbang Perkebunan. Prof. Dr. Bambang Prastowo dan Prof. Dr. Ir. Deciyanto S., MS selanjutnya menyampaikan kerangka pikir penyusunan pohon riset komoditas perkebunan.

 

Sebagai acara inti adalah pemaparan dan diskusi pohon riset komoditas dari masing-masing Balai Penelitian lingkup Puslitbang Perkebunan, termasuk Balittri. Meskipun format pohon riset berbeda-beda antar Balit, tetapi secara umum dinilai sudah cukup menggambarkan rencana kerja untuk masing-masing komoditas. Beberapa masukan yang muncul saat diskusi diharapkan menjadi bahan untuk penajaman pohon riset komoditas yang telah disusun.

  

Pada acara penutupan, Kepala Puslitbang Perkebunan kembali mengingatkan pentingnya memahami state of the art masing-masing komoditas. Selain itu, tidak kalah pentingnya adalah menjalin sinergi dengan institusi-institusi riset di luar Puslitbang Perkebunan.

 

Artikel terkait