-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

satu-layanan
Lapor.go.id
Saber Pungli
SKM
WBS
Ejurnal
PPID
Kalender Tanam
WBK
Sigap UPG
perpus_digital
TV-TANI

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 35 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 980653
Mengenal Kopi Luwak Pangalengan PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Dewi Nur Rokhmah   
Kamis, 05 Januari 2017 20:00

Kopi Luwak merupakan jenis kopi yang sudah sangat terkenal. Kopi ini memiliki rasa dan aroma yang khas sehingga membuat pecinta kopi ketagihan dengan kopi yang satu ini. Sepadan dengan kualitas yang dimiliki, kopi luwak memiliki harga yang cukup merogoh kantong. Kopi luwak ini merupakan kopi yang berasal dari biji kopi pada feses luwak yang tidak ikut tercerna. Proses fermentasi dalam perut luwak inilah yang membuat kopi jenis ini memiliki rasa dan aroma khas.

Pangalengan, Bandung merupakan salah satu sentra penghasil kopi luwak yang terkenal.  Kopi luwak dari pangalengan ini  telah mendapatkan sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan mendapat penghargaan sebagai pengelolaan kandang kopi luwak terbersih se Indonesia serta telah menjadi anggota Asosiasi Kopi Luwak Indonesia.  Budidaya kopi luwak yang dilakukan oleh para petani di Pangalengan menggunakan sistem kandang.

Jenis luwak yang dibudidayakan untuk menghasilkan kopi luwak di Pangalengan adalah luwak pandan bulan yang memiliki bau pandan yang tajam. Luwak ini memiliki kebiasaan mencari buah-buahan kopi terbaik dan yang sudah benar-benar matang fisiologis yaitu buah kopi berwarna merah sebagai makanannya dengan menggunakan indera penciuman yang begitu tajam. Biji kopi yang masih dilindungi kulit keras tidak mampu dicerna luwak akan keluar melalui kotoran luwak.