-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

TV-TANI
Saber Pungli
WBS
WBK
Lapor.go.id
PPID
satu-layanan
perpus_digital
Sigap UPG
Ejurnal
Kalender Tanam
SKM

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 17 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 895019
Kontribusi Balittri pada Pra Konvensi Rancangan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Bidang Budidaya Kopi PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Handi Supriadi   
Minggu, 26 Maret 2017 08:26

Pra konvensi rancangan standar kompetensi kerja nasional indonesia (RSKKNI) bidang budidaya kopi dilaksanakan pada tanggal 22- 24 Maret 2017, di Hotel The Majesty, Bandung.  Peserta yang berperan aktif dalam kegiatan tersebut 45 orang yang berasal dari Kementerian Pertanian, Kementerian Ketegakerjaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Perguruan Tinggi, LSM (IDH dan SCOPI), Perusahaan Besar Perkebunan, Pusat Penelitian Kopi dan Kakao,  Lembaga sertifikasi dan petani.  Acara dibuka oleh Kepala Pusat Pelatihan Pertanian.

 

Tujuan kegiatan ini adalah menyepakati Rancangan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (RSKKNI) Bidang Budidaya Kopi. Dengan adanya standar tersebut diharapkan komoditas kopi memiliki standar budidaya global dan keahliaan tenaga kerjanya juga mendapat  pengakuan baik secara nasional maupun internasional.

Pembahasan RSKKNI bidang budidaya kopi dibagi menjadi dua kelompok yaitu Perencanaan Budidaya Kopi dan Pelaksanaan Budidaya kopi. Balittri yang diwakili oleh Ir. Handi Supriadi masuk dalam kelompok Pelaksanaan Budidaya Kopi. Masukan yang diberikan oleh Balittri terutama  dalam persiapan lahan, penggunaan bahan tanam, penanaman dan konservasi lahan.  Setelah melalui diskusi selama tiga hari akhirnya  disepakati RSKKNI Budidaya Kopi.

 

Artikel terkait