-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

PPID
satu-layanan
Saber Pungli
SKM
WBS
TV-TANI
perpus_digital
WBK
Ejurnal
Sigap UPG
Lapor.go.id
Kalender Tanam

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 36 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 777752
Peran Serta Balittri dalam Optimasi Pengelolaan Jaringan dan Website Balitpalma PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Arifa Chan   
Selasa, 25 April 2017 15:05

Dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan jurnal secara eletronik serta menanggapi arahan Bapak Menteri Pertanian mengenai release berita positif minimal 3 kali dalam seminggu di laman web lingkup kementerian pertanian, Balai Penelitian Tanaman Palma (Balitpalma) melaksanakan workshop dan bimbingan teknis pengelolaan website dan manajemen penerbitan jurnal melalui platform open journal system (OJS) di Balitpalma selama 5 hari (17 – 21 April 2017).

Acara yang dibagi menjadi 2 bagian tersebut menghadirkan pemateri dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbang Perkebunan), Bursatrianyo, S.Kom sebagai narasumber pengelolaan jurnal secara elektronik. Dan juga dari Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri), Arifa Nofriyaldi Chan sebagai narasumber pengelolaan website dan jaringan internet.

 


Optimasi Jaringan

Jaringan internet merupakan hal fundamental bagi setiap satuan kerja (satker) dalam menyampaikan informasi atau mendiseminasikan ouput penelitian secara cepat dan tepat kepada masyarakat. Maka dari itu, optimasi jaringan internet merupakan langkah awal yang perlu dilakukan untuk mengakomodir kegiatan yang memerlukan kecepatan akses data serta pemanfaatannya dalam menunjang pengelolaan website dan OJS di masing-masing satker.

Beberapa hal yang menjadi poin penting dalam optimasi jaringan dan internet adalah infrastruktur jaringan dan ketersediaan layanan internet. Sebagai tindaklanjuti optimasi jaringan di Balitpalma, penggunaan perangkat Cyberoam dan Mikrotik dipadukan dalam menjaga ketersediaan data internet dan kesinambungan jaringan data intranet.

Cyberoam merupakan perangkat yang disediakan Badan Litbang Pertanian bagi setiap satker agar dapat terhubung dalam suatu jaringan VPN, jaringan VPN tersebut dimanfaatkan dalam bentuk layanan VoIP dan akses internet dedicated untuk melakukan reporting ataupun pertukaran data yang crucial lingkup Badan Litbang Pertanian.

Salah satu upaya optimasi jaringan adalah menyatukan akses internet dari VPN dan layanan internet lainnya (1 Telkom Astinet dan 2 Telkom Speedy) ke dalam satu network secara load balance/failover sehingga hal ini dapat menjaga ketersediaan internet dengan menyeimbangkan request/transmit data dari setiap layanan internet (WAN) ke pengguna.

 

Mikrotik dimanfaatkan sebagai manajemen klien dan bandwitdh serta sebagai redirect ke server yang diinginkan, dalam hal ini klien dikelola menggunakan hotspot gateway dengan membagi user ke dalam beberapa grup (VIP, reguler, guest, admin) dengan harapan setiap grup tidak saling menggangu bandwidth user grup lainnya dan prioritas akses data setiap user grup dapat dimonitor dan dikelola dengan fleksibel.

Untuk  layanan internet, optimasi yang dapat dilakukan adalah dengan menaikkan bandwitdh masing-masing layanan ke penyedia (Migrasi layanan Telkom Speedy ke Telkom Indihome) atau menambahkan layanan baru sebagai backup (Telkom Wifi.id). Hal ini sangat tergantung ketersediaan jaringan penyedia di wilayah tersebut atau alokasi anggaran yang dapat digunakan oleh satker.


Optimasi Website

Bimbingan teknis website antara lain mengupas pengelolaan konten dan tampilan yang sesuai dengan kriteria Badan Litbang Pertanian dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP), keberkalaan konten dan informasi web, serta strategi peningkatan indeksasi website melalui Search Engine Optimization (SEO).

Selain membahas hal teknis dalam penerbitan/publishing pemberitaan dan perbaikan serta penambahan fitu-fitur terkini, bimtek website kali ini juga bertujuan untuk menata ulang tampilan laman website Balipalma (http://balitka.litbang.pertanian.go.id) agar menjadi lebih komunikatif, elegan, dan terbuka.

Dan tidak kalah pentingnya, motivasi dan kepedulian seluruh pihak merupakan kunci dan penentu kemajuan suatu website berikut elemen penunjang lainnya selain infrastruktur dan kapasitas SDM. Hal ini tidak terlepas dari rasa tanggung jawab serta kepedulian pengelola dan juga keseluruhan pihak terkait secara umum baik di tingkat pelaksanaan ataupun di level kebijakan.