-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

TV-TANI
Kalender Tanam
Saber Pungli
satu-layanan
WBS
Sigap UPG
Lapor.go.id
PPID
SKM
perpus_digital
WBK
Ejurnal

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 24 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 876444
Kunjungan Lapang Peserta Diklatpim Kepala Kebun Percobaan Ke KP Pakuwon PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Asif Aunillah dan Intan Nurhayati   
Senin, 22 Mei 2017 10:00

Pada hari Kamis,  tanggal 18 Mei 2017, Balittri menerima kunjungan dari para peserta dan panitia Diklat Manajemen Kepemimpinan bagi Kepala Kebun Percobaan lingkup Badan Litbang Pertanian.  Kegiatan kunjungan lapang ke Balittri merupakan bagian dari rangkaian acara diklat yang diselenggarakan di PPMKP Ciawi, Bogor dari 14-20 Mei 2017.

 

Rombongan disambut oleh Kasie Yantek Jaslit, Dr. Ir. Bariot Hafif, M.Sc.  Dalam sambutannya,  beliau memaparkan profil Balittri disambung dengan arahan singkat dari Kepala Biro OK Kementerian Pertanian, Ir Winarhadi, MM.  Sambutan terakhir dari Dr Samsudin, peneliti senior sekaligus mantan Kepala KP Pakuwon, yang menyampaikan tantangan dan suka duka pengelolaan kebun.

 

Acara kemudian dilanjutkan di Agrowidya Wisata (AWWI) didampingi oleh Ir. Dibyo Pranowo dan Ir. Bambang Eka Tjahjana.  Ir. Dibyo Pranowo menekankan perlunya pengembangan diversifikasi produk agar dapat menghasilkan PNBP yang bisa disetorkan ke negara.  Para kepala kebun dituntut untuk lebih kreatif dalam menangkap peluang yang bisa dikembangkan di kebun masing-masing.  Sebagai contoh, di Kebun Percobaan Pakuwon dibangun penyulingan serai wangi yang memiliki nilai ekonomis tinggi dan  sebagai salah satu sumber PNBP.
  

Para peserta diajak berkeliling areal kebun benih sumber, plasma nutfah dan sarana pembibitan tanaman kopi.  Spot lain yang mereka kunjungi adalah Unit Bioindustri Kopi dan Kakao dimana peserta melihat proses pengolahan pascapanen kopi dan kakao. Peserta berkesempatan mencicipi dan memborong inovasi olahan keduanya.  Spot terakhir adalah Laboratorium Lapang bioenergy dimana diperlihatkan proses pembuatan bahan bakar nabati dari biji jarak dan kemiri sunan.

Melihat keberhasilan pengembangan Kebun Percobaan Pakuwon, para peserta menanyakan trik-trik dalam pengelolaan kebun yang baik. Diskusi  sesama peserta maupun dengan pendamping di lapangan selalu mengemuka.  Selain menyampaikan ide-ide kreatif yang berkaitan dengan kebun yang mereka kelola,  permasalahan-permasalahan yang dihadapi di lapangan pun tak luput dibahas.