Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Kalender Tanam
TV-TANI
WTP
satu-layanan
perpus_digital
WBS
WBK
Ejurnal
PPID

Kalender Kegiatan

Social Media

Download

Online

Terdapat 35 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 534207
Visiting Indonesian Scientist and Research Collaboration ke Seoul National University (SNU) PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Syafaruddin   
Senin, 05 Juni 2017 11:28

Pelaksanaan Visiting Indonesian Scientis and Research Collaboration ke Korea Selatan pada tanggal 25-30 November 2016, oleh Ir. Syafaruddin, Ph.D (Kabalittri) dan Dr. Ketut Ardhana (peneliti Puslitbangbun), merupakan tindak lanjut dari undangan pihak Seoul National University (SNU) untuk menjajagi kemungkinan kerjasama penelitian khususnya untuk komoditas perkebunan.

 

Hari pertama kedatangan di Korea Selatan langsung dilakukan orientasi ke kampus SNU, melihat sarana dan prasarana laboratorium dan juga perpustakaan. Kemudian diperkenalkan dengan beberapa kolega dan dosen-dosen yang terkait dengan rencana tersebut.

 

Pada hari kedua, dilakukan diskusi, sharing knowledge dan seminar (pemaparan) introduksi tentang Badan Litbang Pertanian, dilanjutkan tupoksi Puslitbang Perkebunan dimana komoditas yang akan dijadikan topik kerjasama penelitian adalah kopi dan kakao. Masing-masing delegasi memperkenalkan diri dan juga menjelaskan visi dan misi khususnya dalam pelaksanaan kegiatan penelitian untuk semua aspek, mulai dari pemuliaan dan bioteknologi, agronomi, ekofisiologi, hama penyakit tanaman serta sosial ekonomi pertanian. Diskusi berlangsung berlangsung sesuai harapan. Kegiatan berlangsung di Crop Functional Genomics and Biotechnolgy Laboratory, SNU.

 

Hari ketiga berkunjung ke NICEM Laboratory, di sini diperkenalkan seluruh peralatan-peralatan canggih yang dimiliki SNU serta semua aspek terkait dengan kelaboratoriuman dan juga sarprasnya. Kepala laboratorium dan beberapa stafnya menjelaskan setiap alat dan cara pengerjaannya serta solusi dalam mengatasi peralatan-peralatan yang bermasalah (rusak).

 

Hari keempat kunjungan ke Experimental farm of SNU and RDA (Rural Development and Administration). Venue diilakukan di SNU experimental farm, Suwon and Breeding laboratory and farm, Suwon. Di sini, dijelaskan sistem pertanian Korea, mulai dari padi sawah dan tanaman horti, tapi karena musim sudah memasuki awal musim dingin, sehingga pertanaman di lapangan (bukan rumah kaca) menunjukkan kondisi yang tidak begitu bagus. Ada beberapa tanaman seperti padi sudah habis dipanen.


 

Artikel terkait