Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

TV-TANI
WTP
satu-layanan
perpus_digital
WBS
WBK
Ejurnal
PPID
Kalender Tanam

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 57 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 562206
Kakao: Salah Satu Agenda Kerjasama Penelitian antara Mexico dan RI PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Syafaruddin   
Jumat, 09 Juni 2017 12:52

Tanggal 23-27 Maret 2017, Kepala Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri), Ir. Syafaruddin, Ph.D dan tim Delegasi Republik Indonesia (DelRi) menghadiri pertemuan pembahasan kerjasama antara Mexico-Indonesia. Delegasi Kementerian Pertanian Mexico dipimpin oleh Dr. Raul Urteaga (General Coordinator of International Affair), memaparkan rencana  pengembangan kerjasama dengan Badan Litbang Pertanian untuk sektor tanaman perkebunan (kelapa sawit dan kakao), tanaman pangan (jagung), dan peternakan (sapi dan unggas). Serta kemungkinan pertukaran materi genetik antar kedua negara.

 

Sektor lain yang teridentifikasi memiliki prospek kerjasama diantaranya adalah  pengembangan industri halal di Mexico (untuk ekspor daging sapi ke Indonesia) dan kemungkinan Indonesia untuk mengekspor produk vaksin dan obat hewan ke Mexico. Kedua pihak sepakat bahwa informasi-informasi terkait sanitasi produk peternakan, terutama modifikasi tes untuk penyakit Tuberculosis (TBC) bagi ekspor ternak dari Mexico ke Indonesia.

 

Dalam kesempatan ini, tim DelRi berkunjung ke Pusat Penelitian Jagung dan Gandum Internasional/ International Maize and Wheat Improvement Center (CIMMYT) di Texcoco State, Mexico.

DelRI dipimpin oleh Sekretaris Badan Litbang Pertanian, Dr. Ir. M. Prama Yufdi, M.Sc. dengan anggota delegasi yang meliputi unsur Badan Litbang Pertanian, Biro Kerja Sama Luar Negeri Kementan, Kementerian Luar Negeri dan KBRI Mexico City. DelRI diterima oleh Prof. Dr. Martin Kropff (Director General of CIMMYT).

 

Agenda utama pertemuan ini adalah pembahasan rencana  peningkatan kerjasama litbang Kementan RI untuk sektor tanaman pangan (jagung dan gandum) dengan CIMMYT yang sudah dijalin sejak lama.

 

Kerjasama lainnya terutama pertukaran plasmanutfah dan galur-galur harapan/potensial jagung untuk ketahanan terhadap cekaman biotik (hama dan penyakit),  cekaman abiotik (kekeringan dan lahan masam), dan jagung fungsional (QPM yang memiliki kadar asam amino tinggi dan provitamin A tinggi).

 

 

Artikel terkait