Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

WBK
Ejurnal
PPID
Kalender Tanam
TV-TANI
WTP
satu-layanan
perpus_digital
WBS

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 32 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 562166
Mengurai Sensasi Citarasa Kopi Bisang PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Tajul Iflah   
Sabtu, 17 Juni 2017 10:37

Tren budaya meminum kopi menjadikan para penikmat kopi tidak sekedar mencari minuman namun juga mencari sensasi lain dari citarasa terbaik setiap biji kopi yang ada. Selain biji kopi specialty, kopi Luwak yang memiliki pasar sendiri karena citarasa yang dihasilkan. Kopi Luwak ini dihasilkan dari fermentasi yang berasal dr pencernaan Luwak dimana biji kopinya dikeluarkan melalui saluran pencernaan akhir yang sampai sekarang masih membuat penikmat kopi agak ragu untuk mengkonsumsinya.

Berbeda dengan kopi Luwak, kopi Bisang kini namanya semakin tersohor tidak hanya di Luwu sebagai tempat endemik Bisang,namun juga di pasar nasional. Hal ini dikarenakan proses fermentasi kopi berlangsung hanya dibagian mulut hewan Bisang yang kemudian bijinya dimuntahkan setelah kulit buahnya dimakan.

 

Untuk mengetahui secara ilmiah kandungan air liur Bisang, tim peneliti dan teknisi dari Balittri dibantu dokter veteriner dari BB Balitvet Maros mencoba mengumpulkan sampel air liur Bisang.

  

Pengambilan sampel air liur ini dilakukan dengan merangsang hewan Bisang menggunakan potongan buah apel dan pir agar menghasilkan air liur yang banyak. Sampel yang dikumpulkan ini kemudian akan dibawa ke Laboratorium Terpadu milik Balittri untuk dianalisis secara  mikrobiologi dan kimianya yang berperan dalam memproduksi kopi dengan mutu citarasa terbaik. (TJ/Awan/Nendyo)