-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

SKM
TV-TANI
Saber Pungli
WBS
WBK
Lapor.go.id
perpus_digital
PPID
Sigap UPG
satu-layanan
Ejurnal
Kalender Tanam

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 20 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 899987
Isu Perbenihan dan Pembibitan Menjadi Perhatian Pemerintah PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Elsera BR Tarigan   
Selasa, 22 Agustus 2017 02:22

Keinginan swasembada pangan bahkan target sebagai dapur dunia harus dilakukan dengan perencanaan dan tahapan-tahapan yang terintegrasi. Masyarakat Perbenihan dan Pembibitan Indonesia (MPPI) merupakan salah satu tambuk untuk tercapainya tujuan diatas. Pada tanggal 21 Agustus 2017 dilaksanakan pengukuhan Panitia Pusat, salah satunya adalah Ir. Syafarruddin, Ph.D yang merupakan Kepala Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri).  Acara dihadiri oleh organisasi, institusi, akademisi yang bergerak dalam perbenihan dan pembibitan seperti HKTI, KTH, Arterindo, PPBN, Perhimpunan Ilmu Pemulia, Ikatan Penyuluh Perikanan, Forun Benih Kelapa Sawit, Forum Penangkar Benih Jawa Barat, IKAPI, Forum Penangkar Benih Hortikultura, Ikatan Produsen Benih Jawa Tengah, Masyarakat Perbenihan dan Pembibitan Kehutanan dan lain sebagainya.  Acara dengan tema Peran Strategis MPPI dalam Pengembangan Teknologi Perbenihan dan Pembibitan Nasional dibuka oleh Dr. Ir. Wahyu, M.M.

Acara selanjutnya yaitu pemberian sambutan oleh Ketua MPPI periode 2017-2022 yaitu Bapak Dr. Ir. H. E. Herman Khaeron, M.Si. Beliau menyampaikan rasa terimakasih ke seluruh jajaran yang berperan dalam mensukseskan acara dan kegiatan MPPI. Tidak hanya itu, Beliau mengharapkan MPPI sebagai sumber kekuatan dalam mencapai Kedaulatan dan Kemandirian Pangan.

(Foto: Antara)

Bapak Menteri Pertanian, Dr. Andi Amran Sulaiman juga memberikan sepatah dua kata. Target Indonesia sebagai Lumbung Pangan Indonesia pada tahun 2045  harus dikejar, dengan demikian Beliau mengharapkan seluruh MPPI pusat dan semua organisasi dan institusi terkait ikut terlibat.  Target perbenihan dan pembibitan tidak hanya terbatas pada tanaman padi, jagung dan kedelai tetapi tanaman lainnya yang berpotensi dalam mendatangkan devisa negara seperti kopi.

 

Balittri yang memegang komoditas perkebunan kopi, kakao, karet dan teh ikut memberikan dukungan di acara tersebut dengan menampilkan produk-produk unggulan seperti produk kopi dan kakao. (Elsera Tarigan/Samsudin)