-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

TV-TANI
Kalender Tanam
Saber Pungli
satu-layanan
WBS
Sigap UPG
Lapor.go.id
PPID
SKM
perpus_digital
WBK
Ejurnal

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 16 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 876491
Sosialisasi Pusat Data Genom Komoditas Pertanian Indonesia dan Aplikasinya PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Nur Kholilatul Izzah   
Sabtu, 19 Agustus 2017 02:17

Sosialisasi pusat data genom komoditas pertanian Indonesia dan aplikasinya dengan tema “Perkembangan Terkini Konsorsium Genom Balitbangtan: from Basis to Applied Research” telah dilakukan pada tanggal 18 Agustus 2017 di BB Biogen sebagai Pusat Unggulan Bioteknologi Pertanian Indonesia. Acara dibuka oleh Kepala BB Biogen Dr. Mastur dengan narasumber utama Dr. Haryono (Ka Balitbangtan periode sebelumnya/Univ. Bina Nusantara). Narasumber lain yang juga mengisi acara sosialisasi adalah Dr. Puji Lestari, Dr. Dwinita W. Utami, Dr. Karuniawan Rudi T., dan Andari Risliawati, M.Sc dari BB Biogen serta M. Abrar Istiadi, M.Si dari IPB.

Dr. Haryono sebagai narasumber utama mengemukakan tentang pentingnya sistem manajemen bioinformatik dan data penelitian ilmiah di Balitbangtan untuk mendukung kedaulatan pangan. Sementara narasumber lain membahas tentang aplikasi dari data genom untuk: 1) mengembangkan teknologi kit deteksi dini sapi kembar dan tipe tanaman aren (dalam dan genjah); 2) memanfaatkan data genom untuk merakit VUB berbasis marka molekuler, dan 3) memanfaatkan informasi genom untuk merakit tanaman transgenik.

Tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk menyebarkan data genom yang telah dihasilkan ke balai penelitian di seluruh Indonesia. Semua data genom tersebut dapat diakses melalui database Pusat Genom Pertanian Indonesia (PGPI) (http://genom.litbang.pertanian.go.id). PGPI merupakan satu-satunya database genom di Indonesia yang berisikan data hasil sekuensing dan resekuensing 12 komoditas pertanian yang meliputi padi, jagung, kedelai, kakao, kelapa sawit, kelapa, aren, jarak pagar, cabai, kentang, pisang, dan sapi.

Komponen aplikasi yang terdapat pada PGPI adalah basis data dan penjelajah genom, sedangkan data yang tersimpan berupa data primer dan data variasi genomik, yaitu Single Nucleotide Polymorphism (SNP) dan Simple Sequence Repeat (SSR). Selain terdapat sekuen utuh dari 12 komoditas, situs ini juga dilengkapi dengan kandungan gen dan variasi-variasi genomis yang teridentifikasi dari 12 komoditas tersebut. Semua data genomik tersebut dapat dimanfaatkan oleh semua peneliti lingkup balitbangtan maupun di luar balitbangtan untuk mendukung program pemuliaan.

Inti dari pemuliaan berbasis genom adalah penandaan gen yang terkait dengan sifat yang diinginkan dan seleksi dengan bantuan marka (marker-assisted selection). Data genom yang terdapat pada PGPI merupakan hasil tindak lanjut dari penelitian genom yang mulai dilaksanakan sejak tahun 2010 kerjasama antara Balitbangtan (BB Biogen, BB Padi, Balittri, Balitbu, Balitsa, Balitnak, Balit Palma, Balitsereal) dan universitas (IPB dan SNU).