Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Kalender Tanam
Ejurnal
WBK
PPID
perpus_digital
satu-layanan
WTP
TV-TANI
WBS

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 7 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 605964
Membangun Sinergitas Program Perbenihan PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Samsudin   
Sabtu, 26 Agustus 2017 18:06

Focus Group Discussion (FGD) dengan tema "Upaya dukungan perbenihan komoditas strategis untuk swasembada dan ekspor" yang dilakukan pada tanggal 25-26 Agustus 2017 di Hotel Margo City, Depok dihadiri beberapa pejabat eselon 2 dan 3 lingkup Kementerian Pertanian. FGD ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Balitbangtan Dr. Ir. Muhammad Prama Yufdy, M.Sc., yang dalam pengarahannya Beliau menyampaikan harapan kepada seluruh peserta agar menghasilkan langkah-langkah strategis yang dilakukan secara sinergis antar lembaga terkait.

 

Ketua panitia FGD Dr. Ir. Muhammad Yusron dalam sambutannya menyatakan bahwa FGD tersebut dilaksanakan dalam rangka menyamakan persepsi dari seluruh instansi terkait dalam menghadapi tahun perbenihan 2018 yang telah dicanangkan oleh Menteri Pertanian Dr. Andi Amran Sulaiman. Dr. Ir. Nandang Sunandar, MP. mewakili Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian Bogor (BBP2TP) sebagai pelaksana kegiatan FGD menyampaikan paparan tentang poin-poin penting yang diharapkan dari kegiatan tersebut.

Acara diskusi dibagi menjadi 2 kelompok yaitu  kelompok komoditas perkebunan dan hortikultura. Kelompok komoditas perkebunan dipimpin oleh Dr. Ir. M. Yusron. Sebagai pembicara pertama Direktur Perbenihan Perkebunan Ir. H. Muhammad Anas, M.Si mengingatkan bahwa program produksi perbenihan perkebunan yang akan dilakukan oleh Balitbangtan harus mengikuti Peraturan Menteri Pertanian Nomor 50/Permentan/KB.020/9/2015 Tentang Produksi, Sertifikasi, Peredaran dan Pengawasan Benih Tanaman Perkebunan, dan pentingnya membangun sinergitas program dan anggaran antara lembaga terkait. Hal senada juga disampaikan oleh Direktur Tanaman Semusim dan Rempah, Dr. Ir. Agus Wahyudi, M.S yang juga menyampaikan dukungannya kepada Balitbangtan untuk membangun kebun-kebun induk tanaman perkebunan dan menyediakan benih sumber.

 

Sementara itu Direktur Tanaman Tahunan dan Penyegar yang diwakili oleh ibu Hafidza menyampaikan rencana program pengembangan tanaman perkebunan dan kebutuhan benih komoditas perkebunan untuk tahun anggaran 2018 yang akan datang.

Selepas sholat jum'at acara FGD dilanjutkan dengan mendengarkan paparan dari Kepala Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri), Ir. Syafaruddin, Ph.D yang didampingi Kasie Yantek dan Jaslit Dr. Ir. Samsudin, M.Si tentang kesiapan Balittri dalam melaksanakan program perbenihan tahun 2017 untuk memproduksi benih kopi, kakao dan karet sebagai benih sumber untuk dijadikan benih sebar pada tahun anggaran 2018. Berturut-turut paparan serupa disampaikan oleh perwakilan dari Balitpalma, Balittas dan Balittro. Diskusi kelompok komoditas perkebunan ditutup dengan menyampaikan 14 poin penting yang menjadi masukan dan rekomendasi kepada seluruh instansi yang terlibat dalam program perbenihan, khususnya balai-balai pengkajian yang berada dalam koordinasi BBP2TP. (Samsudin)

 

Artikel terkait