-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

TV-TANI
Saber Pungli
WBS
WBK
Lapor.go.id
PPID
satu-layanan
perpus_digital
Sigap UPG
Ejurnal
Kalender Tanam
SKM

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 14 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 895003
Dukungan Balittri terhadap Program Perbenihan Tanaman Kopi di Sumatera Selatan PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Dani   
Kamis, 07 September 2017 09:22

Provinsi Sumatera Selatan dikenal sebagai sentra penghasil kopi terbesar di pulau Sumatera. Ironisnya, masyarakat dunia justeru lebih mengenal Kopi Lampung, meskipun notabene biji kopinya berasal dari Sumatera Selatan. Untuk itu, pemerintah daerah Sumatera Selatan memandang perlu mendorong agar kopi Sumatera Selatan makin berkibar dan mendunia. Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Selatan, Ir. H. Fakhrurrozi Rais, dalam pembukaan acara Pertemuan Pengawasan Peredaran Benih dan Sosialisasi Pengenalan Varietas Tanaman Perkebunan (5-6 September 2017).

Terdapat beberapa aspek yang perlu ditingkatkan dalam rangka mendorong peningkatan produktivitas dan mutu kopi Sumatera Selatan. Salah satunya adalah membangun perbenihan kopi melalui pemanfaatan sumberdaya genetik lokal. Berkaitan dengan hal tersebut, Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Selatan menggandeng Balittri untuk mengeksplorasi dan mengobservasi klon-klon unggul lokal kopi Robusta di wilayah Sumatera Selatan. Potensi genetik unggul lokal yang terpilih diharapkan dapat diusulkan untuk dilepas sebagai varietas unggul baru. Dengan demikian, Provinsi Sumatera Selatan dapat memiliki kebun sumber benih unggul kopi Robusta yang terbukti adaptif di wilayahnya.

Kepala Balittri, Ir. Syafaruddin, Ph.D., dalam pemaparannya menjelaskan tentang prosedur uji observasi varietas lokal supaya layak diajukan dilepas sebagai varietas unggul. Beberapa tahapan yang perlu dilakukan meliputi penelusuran asal-usul genetik, pengamatan daya dan mutu hasil, identifikasi karakteristik morfologi dan polimorfisme DNA, pengamatan serangan OPT, serta analisis sosial ekonomi. Kepala Balittri menegaskan kesiapan tim peneliti Balittri untuk membantu pemerintah daerah Sumatera Selatan melakukan uji observasi klon-klon unggul lokal kopi Robusta hingga proses pengajuan pelepasannya sebagai varietas unggul.

 

Artikel terkait