-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

PPID
satu-layanan
Saber Pungli
SKM
WBS
TV-TANI
WBK
perpus_digital
Ejurnal
Sigap UPG
Lapor.go.id
Kalender Tanam

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 15 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 777063
Penyampaian Kemajuan Penelitian Sebagai Wujud Tanggung Jawab Peneliti PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Nendyo Adhi Wibowo   
Rabu, 13 September 2017 20:12

Sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban kegiatan dan anggaran penelitian Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan Tahun Anggaran 2017, maka, Selasa (12/09/2017) bertempat di ruang rapat Puslitbang Pekebunan diadakan acara monitoring dan evaluasi guna melihat kemajuan pelaksanaan kegiatan penelitian oleh masing-masing peneliti penanggung jawab. Acara ini dipandu oleh Kepala Bidang Progam dan Evaluasi Puslitbangbun, Dr. Rustan Massinai,  dan dibuka oleh Bapak Kepala Puslitbang Pekebunan, Dr. Ir. Fadjry Djufry, M.Si.

Pada acara ini ditampilkan kemajuan dari 11 judul kegiatan penelitian komoditas perkebunan diantaranya kegiatan penelitian mengenai pemanfaatan teknik kultur in vitro tebu, pengembangan benih unggul tebu, keragaman genetik tebu toleran kekeringan melalui induksi mutasi, pengembangan tanaman kemiri sunan, model pengembangan bioindustri kemiri sunan dan sorgum manis, pendugaan potensi biomassa perkebunan, analisis kebijakan perkebunan, teknologi budidaya tanaman lada di beragam ekosistem, dan penelitian tentang kopi (Bisang) arabika Luwu.

Pada kesempatan acara tesebut, tim peneliti dari Balittri yang dipimpin oleh Ir. Syafaruddin, Ph.D  menyampaikan progress kemajuan penelitian tentang kopi (Bisang) arabika Luwu, Sulawesi Selatan.  Pada penelitian ini dipaparkan secara lengkap  kemajuan tentang hasil analisa molekuler kopi arabika luwu (Kopi rege, kopi remaja, dan kopi dulu), beserta analisa mikrobiologis dan enzimatik dari saliva hewan bisang (Artictis binturong) endemik  pegunungan Latimojong, Luwu,  yang telah behasil diidentifikasi.  Dari hasil penelitian ini sangat dinantikan menjadi produk unggulan baru, baik varietas unggul kopi maupun produk  starter sebagai agen meningkatkan cita rasa kopi specialty. Selanjutnya, Bapak Kapuslitbang Perkebunan menyampaikan apresiasi yang sangat baik terhadap kemajuan-kemajuan iptek yang telah dihasilkan selama penelitian di tahun anggaran ini.