-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

TV-TANI
Kalender Tanam
Saber Pungli
satu-layanan
WBS
Sigap UPG
Lapor.go.id
PPID
SKM
perpus_digital
WBK
Ejurnal

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 7 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 876440
Songsong Akreditasi, Balitbangtan Siapkan Amunisi PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Arifa Chan   
Selasa, 26 September 2017 14:25

Dalam rangka meningkatkan pengelolaan jurnal ilmiah melalui platform Open Journal System (OJS) lingkup Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), pada tanggal 25 September 2017 telah diadakan acara Evaluasi Pengelolaan Jurnal Elektronik Lingkup Balitbangtan. Acara yang bertempat di gedung sekretariat Balitbangtan tersebut dihadiri oleh 30 pengelola jurnal, redaksi pelaksana, serta dewan redaksi yang tersebar di seluruh UK/UPT lingkup Balitbangtan.

Acara dibuka oleh Kepala Sub Bagian Data dan Informasi Bagian Perencanaan,  Dhani Gartina, S.Kom., M.T. yang menyampaikan evaluasi masing-masing jurnal terkait keberkalaan serta manajemen penerbitan. Hal tersebut menjadi dasar pertimbangan yang sangat penting karena merupakan parameter penilaian akreditasi LIPI sekaligus menjadi indikator keberhasilan pengelola jurnal. Dasar pertimbangan yang dimaksud merujuk ke masa akreditasi jurnal-jurnal lingkup Balitbangtan yang sebagian besar berakhir pada tahun 2018, sehingga dapat dijadikan dasar dalam mengidentifikasi masalah pada jurnal yang terindikasi belum berhasil dalam pengelolaannya.

Dari hasil evaluasi dan sharing problem para pengelola jurnal dijadikan langkah awal pemetaan kondisi pengelolaan melalui OJS di masing-masing jurnal. Kondisi ini sangat beragam di tiap jurnal, mulai dari ketersediaan naskah, adaptasi pengelolaan konvensional ke platform OJS, hingga kompetensi teknis SDM pengelola yang terkait OJS baik secara kualitas maupun kuantitas.

Sekretaris Balitbangtan (Sesba), Dr. Ir. Muhammad Prama Yufdy, M.Sc., dalam arahannya menyampaikan bahwa upaya dalam meningkatkan pengelolaan jurnal lingkup Balitbangtan merupakan tanggung jawab bersama dan tidak dapat berdiri sendiri dalam penyelesaian masalahnya. Setiap satker harus jeli dalam melihat masalah dan menyelesaikannya bukan hanya menyerahkan seluruhnya kepada pengelola jurnal, karena jika dilihat dari berbagai kendala yang ada justru permasalahan telah muncul terlebih dahulu di hulu dan kemudian akhirnya meluap di hilir. Hal ini yang menyebabkan masalah ketersediaan naskah merupakan kendala klise dimanapun di setiap jurnal. Di sisi lain, pengelola jurnal juga harus mampu beradaptasi dengan perubahan tata kelola jurnal yang dinamis sesuai tuntutan zaman. Perubahan ini mau tidak mau menjadi tantangan yang baru lahir ditengah persoalan yang sudah ada.

Diakhir acara, Sesba berharap masukkan-masukkan serta saran-saran dari pengelola jurnal dapat disampaikan beserta kendala-kendalanya, sehingga langkah penyelesaian selanjutnya dapat segera ditindaklanjuti demi menjaga keberlanjutan status akreditasi jurnal lingkup Balitbangtan di tahun 2018 dan seterusnya.