Kopi Besemah: Robusta Sexy yang Makin Menggoda Pemerhati Kopi

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Keterpaduan visi untuk menyepadankan komitmen dalam rangka memajukan kopi Sumatera Selatan, khususnya kopi Pagar Alam merupakan langkah nyata. Semua lini memang harus saling support, sehingga langkah yang terasa sangat panjang dan melelahkan, akan terasa ringan bahkan menjadi hanya sebuah lompatan. Kesamaan visi ini membuat pemerhati kopi terpanggil untuk berdiskusi dan mencari solusi, sehingga ditemukan langkah tepat untuk mengembalikan kejayaan kopi Robusta yang berada dalam satu kawasan dengan pesona gunung Dempo yang menjulang. Wilayah perkebunan kopi rakyat tersebar di seluruh Kotamadya Pagar Alam, kopi yang lebih populer dengan sebutan kopi "Besemah".

Terkait tujuan tersebut, secara santai namun bernuansa pasti, dan tempat pertemuannya pun mulai dari lobby hotel, lounge sampai ke resto di tempat kuliner khas Palembang. Tak kurang dari Bapak Walikota Pagar Alam pada jamannya, Drs. H. Djazuli Kuris. MM., yang menjabat sampai dua periode, yaitu tahun 2003-2008 dan 2008-2013. Kesempatan diskusi tentang perkopian ini dilaksanakan pada momen sarapan pagi di hotel tempat kami menginap Premiere Hotel Santika Palembang, pada tanggal 28 Maret 2018. Sebagai pemerhati dan pencinta kopi, banyak sekali program dan rencana kerja yang beliau sampaikan termasuk opini-opini yang membangun dan  memotivasi.

 

Siangnya di tempat terpisah, diskusi tentang kopi Robusta ini dilanjutkan dengan Bapak Walikota Pagar Alam sekarang (Plt), Musni Wijaya S.Sos., M.Si., serta Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Selatan, Ir. H. Fakhrurrozi Rais dan jajarannya Kasie Perbenihan, Havizman, SP., M.Si. Balittri diwakili oleh Kepala Balai, Ir. Syafaruddin, Ph.D., semua berkontribusi aktif dalam mencari solusi untuk membangkitkan kopi "Besemah".  Sinergisitas yang dibangun adalah untuk terus mengupayakan kejayaan kopi Robusta  ini. Tahapan diskusi diawali dari cerita dan sejarah tentang kopi "Besemah", kemudian berlanjut ke tahap yang lebih serius untuk pendaftaran varietas sampai pada diskusi  dihasilkannya Varietas Unggul Baru (VUB).

     

 

Semoga ekspektasi kita semua, akan menjadi nyata pada saat berlangsungnya sidang pelepasan VUB yang rencananya akan diadakan pada bulan September 2018. Sehubungan dengan hal tersebut, maka tim pelepasan varietas Balittri sedang mempersiapkan semua dokumen yang diminta. Semua persyaratan yang diharuskan, saat ini sedang dalam tahap finalisasi dan mudah-mudahan akan paripurna sebelum dead line yg ditentukan.

So, meaning is we are serious and very serious. Well, it's hard work, but it's nothing impossible.

Highlights

Pengunjung

We have 112 guests and no members online

Statistik

Articles View Hits
1111450

Kunjungan

Hari IniHari Ini25
KemarinKemarin935
Minggu IniMinggu Ini2731
Bulan IniBulan Ini2731
TotalTotal88026
IP Anda : 44.210.77.106

Hak Cipta © 2017 Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (BALITTRI)
Jalan Raya Pakuwon Km. 2 Parungkuda, Sukabumi, 43357 Jawa Barat Indonesia
Telp. +62-266-6542181 Fax. +62-266-6542087 e-mail: balittri@litbang.pertanian.go.id, balittri@gmail.com