-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

TV-TANI
Kalender Tanam
Saber Pungli
satu-layanan
WBS
Sigap UPG
Lapor.go.id
PPID
SKM
perpus_digital
WBK
Ejurnal

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 26 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 876483
Workshop Pembelajaran Interaktif Penerbitan Ilmiah LIPI Press ISE 2017 PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Iing Sobari   
Jumat, 27 Oktober 2017 17:22

Dalam rangka peningkatan kualitas peneliti di bidang penerbitan ilmiah, Balittri menugaskan beberapa peneliti dan calon peneliti untuk mengikuti Workshop Pembelajaran Interaktif Penerbitan Ilmiah LIPI Press (23/10/2017). Workshop ini merupakan rangkaian kegiatan Indonesia Science Expo (ISE) 2017. ISE 2017 berlangsung pada 23-26 Oktober 2017 di Balai Kartini Jakarta, diikuti oleh 176 peserta pameran sains dari kementerian, lembaga, universitas, dan swasta, untuk memperingati 50 Tahun LIPI.

Workshop ini menghadirkan beberapa narasumber dari LIPI Press. Salah satu narasumber memaparkan beberapa pemahaman tentang penerbitan ilmiah yang terdiri dari beberapa modul. Modul 1 menjelaskan Mengapa Perlu Penerbitan Ilmiah; apa yang dimaksud dengan Penerbit Ilmiah, Penerbit Umum dan Percetakan. Selanjutnya narasumber menjelaskan tentang Modul 2, yaitu mengenai Apa Saja Jenis-Jenis Terbitan Ilmiah dan pengertian dari : Buku, Terbitan Ilmiah Populer (memoar, biografi, otobiografi, buku panduan dan katalog). Kemudian narasumber menjelaskan mengenai perbedaan yang terdapat pada buku ilmiah dan buku bunga rampai.

 

Narasumber lain menjelaskan mengenai Proses Penerbitan Ilmiah LIPI Press. Selain materi yang disampaikan narasumber, peserta diberikan pertanyaan/kuis untuk mengetahui pemahaman tentang materi yang sudah disampaikan. Pada sesi terakhir, peserta diberikan kesempatan untuk menyampaikan pertanyaan. Pertanyaan peserta sebagian besar mengenai bagaimana prosedur kerjasama penerbitan ilmiah dengan LIPI Press, dan dijawab melalui penjelasan langsung oleh Kepala LIPI Press, Rahmi Lestari Helmi, M.Si. (Iing Sobari/Juniaty Towaha)