Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
pui-balittri
baittri-siap-zi
satu-layanan
PPID
Ejurnal
Saber Pungli
Sigap UPG
WBK
TV-TANI
LPSE
SKM
perpus_digital
WBS
Kalender Tanam
Lapor.go.id
Pakar Kopi

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 29 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 2070651
Teh Tambi 1 dan Tambi 2 Disetujui Lulus tanpa Catatan PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Intan Nurhayati   
Jumat, 03 November 2017 08:45

 

Pertama kali dalam sejarah sidang pelepasan varietas tanaman perkebunan khususnya komoditas Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) yang dinyatakan dan disetujui lulus tanpa ada catatan. Hal ini terjadi pada acara sidang pelepasan varietas hari Kamis tanggal 2 November 2017, dimana Tambi 1 dan Tambi 2 lulus sebagai varietas unggul tanaman teh Indonesia.

Usulan ini merupakan hasil dari serangkaian proses panjang dan kerja keras (4 tahun) Tim peneliti Balittri yang dipimpin oleh Dr. Budi Martono, M.Si., bersama-sama dengan jajaran dari PT Tambi dan staf Dinas Tanaman Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kabupaten Wonosobo, dalam mengidentifikasi dan mengevaluasi sifat-sifat unggul teh Tambi 1 dan Tambi 2.

Tambi 1 dan Tambi 2 pun menjadi varietas pertama tanaman teh yang dilepas Balittri.

 

Pada sidang pelepasan varietas yang diketuai oleh Ir. H. Muhammad Anas, M.Si (Direktur Perbenihan Tanaman Perkebunan). Pada kesempatan tersebut, disajikan pula seduhan teh Tambi 1 dan Tambi 2 kepada Tim Penilai dan Pelepas Varietas (TP2V) dan mendapat apresiasi yang positif atas mutu cita rasa yang dikandungnya. Dr. Surip Mawardi, salah satu tim evaluator, bahkan mengklaim bahwa cita rasa Tambi 1 dan Tambi 2, di atas rata-rata, sehingga harganyapun bisa menjadi harga premium.

Kedua varietas unggul baru ini menjadi harapan untuk memajukan teh Indonesia, sehingga bisa bersaing dalam perniagaan teh global.

 

Artikel terkait