-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Ejurnal
Kalender Tanam
SKM
TV-TANI
Saber Pungli
WBS
WBK
Lapor.go.id
PPID
satu-layanan
perpus_digital
Sigap UPG

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 25 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 896118
Ateng Super, Idola Baru Varietas Kopi Arabika dari Tanah Gayo PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Dani   
Jumat, 17 November 2017 11:22

Dataran tinggi Gayo dikenal sejak lama sebagai salah satu sentra utama kopi Arabika berkualitas tinggi. Beragam varietas kopi Arabika, termasuk varietas unggul Gayo 1 dan Gayo 2, tampak tumbuh subur dan berbuah lebat di lahan-lahan milik petani. Masing-masing varietas memiliki karakter yang spesifik, baik dari sisi morfologi, fisiologi, hingga mutu fisik dan citarasa. Para petani yang sudah sejak lama berinteraksi dengan tanaman kopi umumnya sangat faham perbedaan-perbedaan tersebut.

 

Kini, petani di dataran tinggi Gayo memiliki idola baru, yaitu kopi Ateng Super. Varietas ini diduga keturunan tipe Catimor. "Ini jenis kopi asli daerah sini. Keunggulannya lebih cepat berbuah" ungkap salah seorang petani, Jim Hazmi, atau yang akrab disebut Jimmi saat ditemui di kebun kopi miliknya (Rabu, 15/11/2017). Kopi Ateng Super memiliki perawakan semi katai sehingga mudah dibedakan dari varietas Gayo 1 dan Gayo 2 yang lebih jagur. "Tapi kelemahan kopi Ateng Super ini mulai turun produksinya setelah umur 10 tahun" lanjut Jimmi. Hal ini diduga berkaitan dengan kebiasaan petani yang jarang melakukan pemupukan terhadap tanaman kopinya. Varietas-varietas berbasis Catimor pada umumnya bersifat rakus hara.

 

Melihat potensi unggul kopi Ateng Super, Sekretaris Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bener Meriah, Sudarman, S.P., berharap agar varietas tersebut dapat dilepas sebagai varietas unggul. Kasie Yantek dan Jaslit Balittri, Dr. Ir. Samsudin, M.Si., menyatakan kesiapan Balittri bekerjasama dengan pemerintah daerah Kabupaten Bener Meriah untuk mengusulkan melepas varietas kopi Ateng Super.

 

Artikel terkait