Kopi Pagar Alam Dilokakaryakan untuk Sebuah Revitalisasi

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Pagar Alam semakin meningkatkan diri dalam pemahaman terkait kekayaan hayati yang dimiliki.  Plasma nutfah yang ada di daerah Pagar Alam ini mempunyai potensi yang sangat tinggi untuk dikembangkan, yaitu tanaman kopi.

 

Kepopuleran kopi Pagar Alam dan sekitarnya sudah terdengar oleh para penikmat kopi dan juga para pebisnis cafe/warung kopi karena kekhasan citarasanya. Hal ini yang menjadikan alasan utama untuk memelihara dan mengangkat keberadaan kopi ini ke dunia yang lebih luas.

 

Untuk memenuhi keinginan tersebut, Dinas Pertanian Kota Pagar Alam  mengadakan lokakarya pada tanggal 21-22 Nov 2017 dengan bahasan mengenai revitalisasi kopi Robusta Pagar Alam dengan mengundang narasumber dari Balittri dan Scopi yg diikuti oleh sekitar 100 petani dan pemerhati kopi.  Acara dibuka oleh ibu walikota dr. Hj. Ida Fitriati Basjuni, M.Kes,  yang dalam sambutannya beliau mengajak semua yang hadir untuk lebih peduli dan perhatian terhadap kopi Pagar Alam untuk dapat direvitalisasi dan ujung harapan adalah peningkatan pendapatan petani kopi, sehingga taraf kehidupan jadi semakin layak.

 

Kepala Balittri Ir. Syafaruddin, Ph.D memaparkan presentasinya dengan topik "Pelepasan Varietas Unggul Kopi Pagar Alam" yang dilanjutkan dengan sesi diskusi. Selama sesi diskusi berlangsung, peserta sangat berharap kopi ini agar segera dilepas sehingga identitasnya sebagai komoditas ciri khas kota tersebut dapat diwujudkan.

 

Highlights



Pengunjung

We have 196 guests and no members online

Statistik

Articles View Hits
1049052

Kunjungan

Hari IniHari Ini315
KemarinKemarin636
Minggu IniMinggu Ini4752
Bulan IniBulan Ini315
TotalTotal39948
IP Anda : 3.238.98.39

Hak Cipta © 2017 Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (BALITTRI)
Jalan Raya Pakuwon Km. 2 Parungkuda, Sukabumi, 43357 Jawa Barat Indonesia
Telp. +62-266-6542181 Fax. +62-266-6542087 e-mail: balittri@litbang.pertanian.go.id, balittri@gmail.com