Pertemuan Penyusunan Satuan Biaya Pembangunan Perkebunan untuk Tahun 2019

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Kegiatan penyusunan satuan biaya pembangunan perkebunan tahun 2019 dilaksanakan di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, dari tanggal 17 s/d 20 April 2018. Acara ini dihadiri oleh kepala atau yang mewakili dari dinas perkebunan dari semua provinsi di Indonesia, Balittri, Balittro, Balittas, Direktorat Jenderal Anggaran (DJA), dan tentunya bagian perencanaan Direktorat Jenderal Perkebunan (Ditjenbun). Balittri sendiri dihadiri oleh dua orang staf yaitu Ir. Saefudin dan Trisnandar Setiawan, SP.

Acara dimulai dengan sambutan oleh Sekda Kabupaten Manggarai Barat  sebagai tuan rumah yang memberikan paparan mengenai potensi perkebunan yang dimiliki oleh Kabupaten Manggarai Barat.  Selanjutnya acara dibuka oleh Sekretaris Ditjenbun Drs. Sigit Wahyudi, MM, sekaligus memberikan arahan mengenai penyusunan satuan biaya pembangunan perkebunan.

Acara selanjutnya  paparan mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan satuan biaya pembangunan perkebunan oleh narasumber dari Balittro yaitu Rudi Suryadi,  SP M.Si,  Balittas yaitu Dr. Ir. M. Cholid, M.Sc, dan Balittri yaitu Ir. Saefudin, serta dari DJA Kementerian Keuangan.

Setelah itu acara  banyak diisi dengan diskusi dan tanya jawab mengenai komponen dan harga satuan untuk mendapatkan komposisi dan jumlah biaya untuk setiap komoditas di setiap provinsi. Diharapkan hasil dari pertemuan ini nantinya bisa menjadi acuan dan membantu operasional kegiatan stake holder perkebunan.