Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

satu-layanan
WTP
TV-TANI
WBS
Ejurnal
WBK
Kalender Tanam
perpus_digital
PPID

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 24 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 638601
Pemuda Tani Lampung Inginkan Kopi Robusta Unggul Lokal Legal PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Samsudin   
Sabtu, 09 Desember 2017 21:12

Program perbenihan komoditas perkebunan yang digulirkan melalui APBN 2017 telah menyadarkan banyak pihak akan pentingnya legalitas benih sesuai dengan Permentan no. 50 tahun 2015. Provinsi Lampung selama ini dikenal sebagai sentral produksi kopi Robusta di Indonesia. Namun demikian, hingga saat ini belum ada satupun klon unggul kopi robusta yang dilepas berasal dari Lampung dan belum ada kebun entres yang ditetapkan oleh instansi berwenang. Bahan tanaman kopi Robusta yang dikembangkan petani berasal dari benih asalan, sehingga produktivitasnya rendah. Disamping itu, teknologi budidaya dan penanganan pascapanen juga masih dilakukan secara manual dan belum tersentuh dengan inovasi teknologi, sehingga kualitasnya masih rendah. Atas dasar itulah Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Lampung mengundang narasumber dari Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) untuk memberikan pemahaman tentang perbenihan, budidaya, dan penanganan pasca panen kopi.

Acara bimbingan teknis (bimtek) komoditas kopi  tersebut dilaksanakan di 2 lokasi, yaitu di Kelompok Tani Sidokayo, Lampung Utara pada hari Kamis, 7 Desember 2017 dan Kelompok Tani Karya Makmur, Tanggamus pada hari Jumat, 8 Desember 2017. Berbeda dengan kelompok tani Sidokayo, kelompok tani Karya Makmur didominasi oleh petani pemuda. Sebelum dimulai panitia membagikan prettest untuk mengetahui pengetahuan mereka tentang seluk-beluk komoditas kopi, dan pada akhir acara kembali dibagikan posttest.

Disamping materi tentang penanganan pascapanen, materi diskusi yang paling banyak ditanyakan adalah bagaimana tatacara pelepasan varietas unggul kopi, agar kopi robusta Lampung mendapatkan legalitas. Dr. Ir. Samsudin, M.Si menyampaikan kesediaan Balittri untuk mendampingi dinas daerah setempat untuk melakukan penelitian dalam rangka pelepasan klon-klon unggul yang ada di Lampung.

Bimtek ini membuka wawasan para petani dan petugas dari dinas terkait tentang perbenihan, budidaya dan pascapanen kopi. Para pemuda tani yang menjadi penggerak kelompok menginginkan agar kopi Robusta Lampung diakui dan mendapat legalitas dari instansi berwenang. (Samsudin)