Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

Lapor.go.id
PPID
Kalender Tanam
satu-layanan
TV-TANI
WBS
Saber Pungli
WBK
Ejurnal
perpus_digital
SKM
Sigap UPG

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 23 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 744007
Balittri Siap Dukung Pembangunan Kebun Sumber Benih Kopi Robusta di Bangka Belitung PDF Cetak E-mail
Artikel
Oleh Dani   
Jumat, 08 Desember 2017 20:51

Geliat menyongsong tahun perbenihan 2018 di lingkup Badan Litbang Pertanian semakin terlihat nyata. Hal tersebut tercermin dalam acara Focus Group Discussion (FGD) pada hari kamis (7/12/2017) di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Bangka Belitung (BPTP Babel). Hadir dalam acara tersebut perwakilan dari lingkup Badan Litbang Pertanian, Direktorat Jenderal Perkebunan, dan pemerintah daerah Babel.

Dalam sesi pengantar diskusi Dr. Rubiyo, M.Si. menjelaskan bahwa benih unggul merupakan salah satu komponen teknologi penentu keberhasilan program pengembangan kopi Robusta. "Kebun sumber benih kopi Robusta yang dibangun di Babel ini sangat strategis karena dapat menjangkau wilayah Sumatera" tegasnya. Lebih lanjut dijelaskan pentingnya membangun kebun sumber benih kopi Robusta di wilayah Babel.

Tidak dapat dipungkiri bahwa hingga saat ini di wilayah Sumatera belum tersedia kebun sumber benih kopi Robusta yang telah ditetapkan. Oleh sebab itu, pemerintah daerah Babel sangat menyambut positif dan mendukung upaya BPTP Babel untuk membangun kebun entres kopi Robusta. Kopi Babel sangat dikenal citarasanya, tapi biji kopinya ternyata didatangkan dari luar daerah, baik Sumsel maupun Lampung. Dengan adanya kebun sumber benih akan mendukung pengembangan kopi Robusta di wilayah Babel.

Perwakilan dari Balittri, Dani, M.Sc., menegaskan kesiapan Balittri untuk mendukung secara teknis terhadap pembangunan Kebun Entres oleh BPTP Babel. Pemulia dari Balittri dapat berperan dalam kegiatan pemurnian varietas calon Kebun Entres. Balittri juga dapat membantu penyediaan benih sumber kopi Robusta apabila diperlukan.

Diskusi diakhiri dengan penjelasan dari perwakilan Direktorat Perbenihan, Ditjenbun, mengenai regulasi terkait pembangunan kebun sumber benih tanaman kopi. Saat ini telah ditetapkan Keputusan Menteri (Kepmentan) yang baru, yaitu Kepmentan 88 Tahun 2017, yang harus menjadi acuan pembangunan kebun Entres kopi Robusta. (Dani)

 

Artikel terkait

script type="text/javascript"> $(document).ready(function(){ $('body').append(""+""); });